JEMBER UPDATE NEWS

Antisipasi Banjir Bandang, Pihak SDA Kencong Bersihkan Sumbatan

Teks Foto:Pembersihan Sampah Di DAM Krangkengan Pondok Waluh Kencong Pasca Naik nya Air Hingga Sebabkan Jembatan Paseban Jebol. (Tix).

JEMBER UPDATE - Pasca Naik nya Debit air di wilayah Sungai Tanggul hingga mencapai piscal 3.50 M pada Jum'at malam kemarin hingga membuat Jembatan di wilayah Kecamatan Kencong tepatnya di Desa Paseban Jebol.,pihak SDA(Sumber Daya Air) wilayah kencong bersihkan Sumbatan ratusan ton sampah.


Sampah dari hulu kawasan Kecamatan Tanggul dan sekitarnya yang mengangkut Kayu serta Rimbunan Bambu itupun menumpuk di DAM Krangkengan Desa Pondok Waluh Kecamatan Kencong.

Hal ini jika tidak lekas di bersihkan bisa di pastikan jika curah hujan tinggi akan membuat air tersumbat dan luberan juga bisa terjadi dan parahnya lagi akan terjadi jebol nya tangkis penahanan air di sisi kiri dan kanan jalur arus sungai tersebut.

Kurang lebih 10 orang pegawai SDA Kencong ahirnya pada Senin,(4/2/2020) pagi turun ke lokasi dan membersihkan sedikit demi sedikit sampah menggunung tersebut.karena posisi air yang belum terlalu surut dan piscal ukuran air tercatat masih lumayan tinggi kisaran 1.10 M hingga membuat para karyawan membersihkan dengan cara tersebut.

Pihak kepala SDA(Sumber Daya Air) Wilayah Kencong saat di Konfirmasi mangatakan" Kegiatan pembersihan sampah di hulu bendung yang bertujuan sebagai wujud pelaksanaan pelayanan kepada petani agar debit air ke areal irigasi dapat berjalan dg lancar dan optimal"ucapnya.

Selain itu dirinya juga mengatakan jika tidak segera kita laksanakan pembersihan sampah yg ada di hulu bendung pasca banjir  hari jumat tanggal 21 februari 2020 kemarin maka akan terhambatnya pelayanan kita kepada petani pemakai air sebagai wujud pelayanan kita secara langsung kepada penerima manfaat,selain itu juga agar tidak terjadi hal hal buruk seperti banjir karena curah hujan tinggi.

Terlihat di lokasi timbunan sampah di dam pondok waluh jika memang banyak sekali dan kebanyakan sampah berupa bambu dan kayu yang berukuran besar. (Tix/rif).

No comments