JEMBER UPDATE NEWS

Peringatan HDI Ke 4, Bupati Faida : Banyak kemajuan yang sudah dilakukan oleh Difabel Jember

Foto : Bupati Jember dr. Faida MMR saat bersama Disabilitas di alun alun Jember.(li).

JEMBER UPDATE - Peringatan Hari Disabilitas International (HDI) di Jember memasuki tahun ke 4, dimana beberapa rangkaian peringatan HDI digelar.

Seperti yang berlangsung di alun-alun Jember pada, Selasa (3/12/2019) pagi. mulai dari Jalan santi Difabel dan pameran produk UMKM yang dikelola difabel hingga Job Fair untuk Difabel dan Perempuan.

“Hari ini kita memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun ke 4, banyak kemajuan yang sudah dilakukan oleh Difabel Jember, diantaranya banyak difabel yang sudah mandiri secara ekonomi,dari total jumlah difabel di Jember yang terdata ada 9.178 jiwa, sebagian sudah bisa mandiri secara ekonomi dengan mendapat pelatihan ketrampilan yang dilakukan oleh Pemkab Jember,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR.

Meski demikian, Bupati mengatakan, bahwa masih banyak yang harus dilakukan oleh Pemkab Jember untuk memberikan hak yang sama kepada Difabel. “Difabel bagi kami bukanlah beban, saya justru kagum dengan difabel yang ada di Jember, karena tidak banyak menuntut, mereka justru membantu pemerintah dalam menuangkan ide dan pikirannya untuk pembangunan, salah satunya adalah akses bagi difabel di kantor-kantor layanan publik,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan, dengan sumbangsih pikiran dan ide dari difabel, akses di kantor-kantor layanan publik khususnya di pemerintahan, bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan dari difabel itu sendiri. “Dulu kita sudah buatkan akses untuk difabel, tapi ternyata saat mereka (kaum difabel) melihat, ternyata tidak sesuai, sehingga mereka memberikan masukan dan arahan, dan hasilnya saat ini sudah sesuai dengan yang dibutuhkan mereka,” bebernya.

Kedepan Bupati akan mengajak kelompok Difabel untuk ikut mendatangi gedung-gedung besar yang ada di Jember, untuk melihat apakah akses untuk difabel sudah sesuai dengan yang dibutuhkan apa belum.

“Nanti kita akan bersama-sama dengan difabel untuk mendatangi gedung-gedung besar di Jember, untuk mengecek apakah akses untuk difabel sudah sesuai apa belum, kalau masih belum, akan kita kerjakan bersama sesuai dengan yang dibutuhkan difabel,” pungkas Bupati. (Sid/rif).

No comments