JEMBER UPDATE NEWS

Bupati Jember Lantik Pengurus Baru GAPOKTAN Dan HIPPA

Foto : Bupati Jember dr. Faida MMR Saat lantik pengurus baru kelompok tani Gapoktan dan Hippa pada Festival Tani Jember 2019. (Sd).

JEMBER UPDATE - Bupati Jember dr. Faida MMR melantik pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) dari 3 kecamatan yakni kecamatan pakusari dan Arjasa serta Jelbuk.

Pelantikkan yang Berlangsung di pondok pesantren An Nidhomiyah Dusun Lamparan kecamatan pakusari jember pada, Kamis (05/12/2019) pagi. Yang di hadiri oleh Dandim 0824 jember Letkol Inf Laode M Nurdin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan, bahwa pengurus Gapoktan dan HIPPA yang dilantik hari ini adalah hasil dari verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pemkab Jember.

“Mereka yang kita lantik hari ini resmi dengan SK dari Bupati, ada beberapa pengurus baru yang dilantik adalah hasil dari verifikasi yang dilakukan, karena ada beberapa diantara pengurus yang sudah tidak aktif, dan beberapa pengurus juga tidak memiliki lahan pertanian, tidak mungkin kalau bukan petani akan menjalankan organisasi petani dengan benar,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR.

Selain melantik pengurus Gapoktan dan HIPPA, dalam acara yang dikemas dengan Festival Tani ini, Bupati juga membagikan 44 ribu Kartu Tani, dimana fungsi dari kartu tani bisa digunakan oleh petani untuk memenuhi kebutuhan pertanian.

“Kartu Tani ini adalah program pemerintah pusat, fungsinya untuk memenuhi segala kebutuhan dan keperluan petani, seperti pembelian pupuk, bibit maupun saat panen,” ujarnya.

Selain puluhan ribu Kartu Tani, beberapa kelompok tani juga mendapatkan bantuan Alsintan (alat mesin pertanian). “Alsintan ini dari APBD Pemkab Jember, untuk mendapatkan Alsintan, kelompok tani tidak perlu menggunakan pelicin alias uang sogok, kelompok tani tinggal mengajukan proposal bantuan yang dibutuhkan ke Pemkab, nanti dilakukan pendataan, karena pendataan yang baik bisa menjadi alat komunikasi antara Petani dengan Pemkab,” pungkas Bupati. (Sid/rif).

No comments