JEMBER UPDATE NEWS

Tim Saber Kesehatan Berikan Layanan Prima Warga Melahirkan Secara Caesar

Foto : Saat Tim Saber Kesehatan Desa Tanggul Kulon berikan pertolongan terhadap warga. (Uji).

JEMBER UPDATE - Untuk memberikan kemudahan terhadap warga yang membutuhkan pertolongan terutama ibu Hamil, Tim Saber Kesehatan Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul berikan pertolongan sekaligus layanan prima kepada proses persalinan Wiwin Sunarti, warga Dusun Tekoan Rt. 3 Rw.15 Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul Jember.


Upaya Wiwin Sunarti untuk mendapatkan momongan dengan proses melahirkan secara normal tidak bisa dilakukan, wanita ini harus menjalani operasi caesar, dimana operasi caesar ini dilakukan di RS. Dr. Soebandi Jember, persoalan tidak hanya berhenti disitu. Kondisi ekonomi yang kurang beruntung juga mempengaruhi kondisi keluarga ini.


Beruntung Tim Saber Kesehatan Pemerintah Desa Tanggul Kulon tanggap, dan bergerak cepat  untuk menangani proses persalinan Wiwin Sunarti.

"Kami fokus bagaimana yang penting ibu dan bayi bisa selamat, sehingga kami membantu ibu Wiwin untuk fokus pada persalinan, sedangkan mengenai biaya sejak dari tempat tinggal hingga proses surat, tidak perlu dipikirkan, karena pemerintah desa mengawal sepenuhnya," ujar Sumriyah ketua Tim Saber Kesehatan yang dibentuk oleh Pemdes Tanggul Kulon.


Sumriyah menjelaskan, bahwa layanan mulai dari ambulan desa hingga surat-surat yang dibutuhkan seperti SPM semuanya dilakukan oleh Tim Saber Kesehatan.

“Upaya yang kami lakukan, keluarga ibu hamil jangan sampai mikir siapa yang ngurus surat-surat, tapi mereka cukup mendampingi ibu Wiwin, agar tenang sehingga proses persalinannya berjalan lancar,” ujar Sumriyah.


Senada dengan itu, Kades Tanggul Kulon Arifin Wahyuono mengatakan komitmen Pemdes Tanggul Kulon dalam hal keselamatan ibu dan bayi menjadi pelayanan prioritas Tim Saber Kesehatan ini.

"Saya sudah perintahkan Tim Saber Kesehatan ini untuk siaga 24 jam melayani warga yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan," tuturnya.


Kades Arifin berharap, dengan adanya Tim Saber Kesehatan ini seluruh warga Desa Tanggul Kulon akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal mulai dari penjemputan pasien dengan Ambulan Desa dari kediaman hingga pulang dari rumah sakit secara gratis.

"Ini adalah komitmen kami, seluruh warga desa harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, jika memang tergolong kurang mampu kami akan merekomendasi untuk mendapatkan SPM," pungkasnya. (Uji/rif).

No comments