JEMBER UPDATE NEWS

Tanoker Ledokombo Jadi Pembuka Gelaran Festival Kuliner APKASI

Foto : saat Festival Kuliner APKASI 2019. (Istimewa).

JEMBER UPDATE - Perhelatan tahunan APKASI yang kali ini menylenggarakan festival kuliner dari berbagai wilayah Kabupaten di seluruh Indonesia. Tak ketinggalan juga, Pemerintah Kabupaten Jember juga mengikuti festival kuliner tersebut.

Festival kuliner yang digelar di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dibuka secara langsung oleh Ketua APKASI, yang juga adalah Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas. Acara ini diselenggarakan mulai dari Tanggal 7 sampai dengan Tanggal 10 November 2019 nanti.

Kabupaten Jembe sendiri melalui Dinas Pemberdayan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP2KB) yang bersinergi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, selain menampilkan sajian khas Jember warisan nenek moyang, juga menampilakan Jember Fashion Carnival (JFC) dan Permainan Rakyat Egrang Tanoker.

Bahkan dalan pembukaan event tersebut egrang tanoker lerokombo menjadi bintang pembuka (guest opening) dihadapan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Wabup Karanganyar, Rober Christianto, Wagub Jawa Tengah, dan Ketua APKASI, Abdullah Azwar Anas.

Dengan tampilan egrang tanoker dan JFC yang memukau, membuat banyak dari pengunjung pameran kuliner nusantara tersebut menyerbu stand pameran. Tak hanya sekedar berfoto akan tetapi juga sekaligus mencicipi sajian khas yang dibuat dari bahan pisang dan ketela pohon.

Tape, misalnya, yang merupakan jajanan atau kuliner khas Kabupaten Jember yang sangat terkenal dengan kelegitannya. Tak ayal saja, saat Ketua APKASI didampingi oleh Bupati Karanganyar dan sejumlah pejabat yang hadir saat itu melihat-lihat stand pameran, langsung tertarik dengan sajian tape khas Jember.

Hal ini membuat Azwar Anas, yang juga mencicipi tape jember yang sangat manis dan legit. Tak ayal lagi, Azwar Anas langsung memborongnya, sembari berkata " ini bukan tape bondowoso kan. Asli Jember ini, terasa dari rasanya yang manis dan legit. Hmmm..enak..enak..saya borong ya", selorohnya sambil tertawa. (Tim*).

No comments