JEMBER UPDATE NEWS

Richa Anak Buruh Tani Serabutan, Jadi Lulusan Terbaik Di Poltek Jember

Foto : Richa Erlita Oktaviana Bersama Ibundanya. (Sd).

JEMBER UPDATE - Anak buruh tani serabutan, Richa Erlita Oktaviana  (19) berhasil meraih nilai IP. 3,93 dengan lulus Cum Laude di Politehnik Negeri Jember jurusan Peternakan pada Fakultas Teknik Peternakan.

 “Dulu sebenarnya saya berharap anak saya ambil jurusan kesehatan, tapi dianya lebih minat di jurusan peternakan,” ujar Saroh orang tua Richa.

Saroh menjelaskan, memang sejak masih duduk di bangku TK, anaknya sudah terlihat aktif dengan selalu mendapat nilai tinggi, dan ini dibawanya sampai duduk di bangku SMA. “Sejak TK sampai SMA, anak saya memang aktif dan tidak pernah minder saat disuruh maju ke depan ketika mendapat tugas dari gurunya,” ujar perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani di kebun jeruk milik tetangganya.

Mengtahui kemampuan anaknya di bidang akademik, Saroh meminta Richa untuk ikut les, dengan harapan kecerdasannya terus terasah.

“Waktu SMP sampai SMA, dia saya ikutkan les-les, tapi kadang masih ikut bantu saya bekerja di kebun jeruk untuk,” beber Saroh.

Saroh berharap, anaknya bisa melanjutkan kuliahnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi sesuai keinginan almarhum suaminya. “Saya ingin anak saya melanjutkan ke jenjang S1, sesuai keinginan ayahnya, soal biaya, apa kata nanti, bisa dicari sambil bekerja,” ujar Saroh.

Sementara Richa sendiri saat ditanya wartawan mengenai kiat bisa perolehan IP nya yang Cumlaude, mengatakan,bahwa dirinya tidak lah secerdas yang dikatakan teman-temannya, tapi menurutnya, ketekunan dan usahalah yang mengantarkan dirinya meraih nilai Cumlaude.

“Saya tidak cerdas, Cuma saya berusaha semaksimal mungkin, dan selalu berusaha mendengarkan dosen saat menjelaskan mater, sehingga saya benar-benar memahami apa yang sudah dijelaskan, dan saya mengucapkan terima kasih kepada ibu saya yang telah membesarkan saya, dan nilai ini saya persembahkan untuk ibu dan almarhum bapak,” ujar Richa. (Sid/rif).

No comments