JEMBER UPDATE NEWS

Bupati Jember Berikan Bimtek Terhadap Kades Yang Baru Dilantik

Foto : Saat Bintek Berlangsung di pendapa wahya wibawagraha pemkab jember.(sd).

JEMBER UPDATE - Hari pertama bertugas, kepala desa terpilih di Jember mendapatkan bimbingan Teknis dan pembekalan dari jajaran Forpimda Kabupaten Jember, diantaranya dari Bupati, Dandim 0824, Kapolres, Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Jember.

Ada 161 kepala desa terpilih terdiri dari 148 kades yang sudah dilantik kemarin, dan 13 kades yang akan dilantik pada bulan Desember mendatang, mereka mengikuti bimbingan teknis dan pembekalan yang digelar di Aula Pendopo Wahya Wibawagraha, pada Kamis (24/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, dihadapan kades terpilih, menekankan agar kepala desa yang baru bisa langsung menyesuaikan program dari pemerintah Kabupaten Jember, jika ada hal yang kurang dipahami, Bupati mempersilahkan kepada kepala desa untuk konsultasi dan mengadopsi 22 program kerja Bupati dan Wakil Bupati.

“Untuk kades yang baru, silahkan menyesuaikan dengan program pemkab, ada 22 program kerja pemkab, dimana didalamnya termasuk ada program Pendidikan dan kesehatan, program ini langsung bersentuhan dengan masyarakat, jangan sampai ada generasi kita yang tidak lulus SMA, ini tugas kades, jangan ngaku hebat menjadi kepala desa kalau di wilayahnya masih ada warganya yang putus sekolah, ini menjadi perhatian kita bersama,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati menegaskan, perintah untuk menyesuaikan tugas dan program desa dengan program pemerintah, tidak hanya berlaku bagi kepala desa yang baru, kepala desa petahana  yang terpilih kembali juga untuk menyesuaikan di masa jabatan berikutnya.

“Soal penanganan anak putus sekolah ini, tidak hanya berlaku bagi kades yang baru, tapi juga kades yang terpilih kembali, karena kita tahu, bahwa saat ini, program pemerintah adalah meningkatkan SDM yang unggul, sehingga jangan sampai ada warga yang putus sekolah,” tegas Bupati.

Selain soal pendidikan, Bupati kembali mengingatkan, agar kepala desa memiliki inovasi dalam mengembangkan desanya untuk lebih maju, bagi desa yang memiliki potensi wisata, agar segera menyusun program. “Untuk desa yang memiliki potensi wisata, akan menjadi perhatian kami, asalkan program dan perencanaanya jelas, pemkab akan mensuport untuk mengembangkannya,” pungkas Bupati. (Sid/rif).

No comments