JEMBER UPDATE NEWS

Batik Di Jember Semakin Eksis Pada Peringatan HBN 2019

Foto : Indi Naidha adalah pemilik Galeri Batik Notohadinegoro.

JEMBER UPDATE - Dunia perbatikan dikabupaten jember semakin memperlihatkan ke eksistensinya, dimana memberikan berkah serta harapan tinggi bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM ) di kabupaten jember.

Ini terlihat pada Peringatan Hari Batik Nasional yang terjadi setiap 2 Oktober, tepatnya di Galeri Batik Notohadinegoro di jalan MT. Haryono 136 Wirolegi Sumbersari Jember, Rabu (02/09/2019), dimana Indi Naidha adalah pemilik Galery Batik Tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Indi Naidha yang merupakan Ketua Gerakan Perempuan (GePe) Organisasi Masyarakat (Ormas) MKGR Kabupaten Jember menyampaikan, bahwa peringatan Hari Batik Nasional (HBN) kali ini, batik adalah warisan budaya neneng moyang kita yang menjadi identitas indonesia, yang mana mampu angkat perekonomian masyarakat.

“Hari ini merupakan hari batik nasional yang ke 10, kita semua tahu bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, dengan adanya peringatan Hari Batik ini, bisa menumbuhkan UKM-UKM di daerah,” ujarnya.

Tak hanya itu, Indi menjelaskan, jika dengan terbukanya pasar UKM di Indonesia, akan semakin menyerap tenaga kerja lokal, sehingga mampu menciptakan perkembangan ekonomi merata pada masyarakat di daerah.

“Seperti yang kami rasakan, dengan semakin terbukanya pasar UKM di Indonesia, ekonomi semakin merata, karena bisa menyerap tenaga kerja lokaldisekitar kami,” jelasnya.

Oleh karena itu, Indi akrab panggilannya berharap, jika batik saat ini sudah banyak sekali model dan desain yang kekinian, sehingga tidak hanya untuk acara resmi saja, akan tetapi juga bisa digunakan untuk acara santai.

“Pola dan desain batik saat ini sudah dimodernisasi, hal ini untuk menggaet konsumen yang lebih muda, sehingga tidak hanya untuk acara resmi saja tapi juga untuk acara non resmi, lewat Hari Batik ini, kami mengajak masyarakat untuk menjadikan batik sebagai identitas bangsa,” pungkas. (Sid/rif).

No comments