JEMBER UPDATE NEWS

Total Lalap Habis Sekitar 2,5 Hektare Lahan Hutan Yang Terbakar Di Gunung Tembok Gumukmas

Teks Foto:Petugas Masih Di Lokasi Sisa Kebakaran Gunung Tembok Kecamatan Gumukmas Jember.


JEMBER  UPDATE – Kebakaran di tiga titik lokasi di Gunung Trianggulasi (sebelumnya ditulis Gunung Tembok) Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat malam (6/9/2019), total melahap sekitar 2,5 hektare lahan hutan. Proses pemadaman api, membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam, dengan berdasarkan laporan dari BPBD Jember, dimana titik api sehingga kemudian terjadi kebakaran diketahui sejak pukul 18.20 WIB.

“Kalau warga tahunya jam 9 malam (kebakaran terjadi), setelah api mulai membesar itu, tapi untuk laporan masuk sehingga langsung kami tindaklannjuti, diketahui titik api pukul 7 malam itu,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu (7/9/2019).

Untuk penyebab kebakaran, kata Heru, masih dilakukan penyelidikan oleh kepolisian. “Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) ini, ada di tiga titik Gunung Trianggulasi. Yaitu di Rejosari, Kemukuh, dan Kebonsari. Api merambat dengan cepat dan membakar lahan, karena kondisinya banyak daun kering, kemarau ini. Kemudian hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari pemukiman warga,” jelasnya.

Secara rinci untuk luas lahan yang terbakar, pada titik 1 Dusun Rejosari sekitar 0,5 Hektare, titik 2 Dusun Kemukuh sekitar 2 Hektare, dan titik 3 Dusun Kebonsari sekitar 500 meter persegi. “Alhamdulillah tidak ada korban, untuk kendala saat proses pemadaman api, yakni luasan lahan yang cukup luas, tingkat kemiringan gunung yang menyulitkan proses pemadaman. Juga terbatasnya jumlah personil dan peralatan pendukung, dibandingkan dengan luasan kebakaran,” ungkapnya.(tix/rif).

Tidak ada komentar