JEMBER UPDATE NEWS

Pemkab Jember Bina KhafilahMusabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tahap Akhir

Foto : Istimewa (*).

JEMBER UPDATE - Pemerintah Kabupaten Jember menggelar pembinaan Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahap akhir. Kegiatan ini digelar di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Sabtu, 28 September 2019.

“Bertujuan untuk persiapan kafilah Jember mengikuti MTQ  XVIII  Tingkat provinsi Jawa Timur di Kabupaten Tuban pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 02 November 2019,” kata Arismaya Parahita.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini mewakili Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR membuka pembinaan yang dilaksanakan oleh Bagian Bina Mental Pemkab Jember itu.

Pembinaan kafilah tahap terakhir ini diikuti 46 peserta dari berbagai cabang dan golongan lomba MTQ. Peserta juga berasal dari juara 1 sampai 3 hasil seleksi MTQ Tingkat Kabupaten Jember tahun 2018.

Arismaya berharap pembinaan ini dapat memacu dan meningkatkan prestasi generasi muda, khususnya pengembangan di bidang tilawatil Qur’an.

Arismaya juga berpesan kepada para kafilah untuk tidak hanya pandai membaca dan melantunkan ayat Suci Al-Quran saja.

Para kafilah juga diharapkan dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an di kehidupan sehari-hari.

Tidak bisa dipungkiri, lanjutnya, saat ini generasi muda cenderung terpapar budaya asing yang terkadang tidak sesuai dengan ajaran Al-Quran.

Karena itu Arismaya berpesan untuk semua umat Islam agar tidak pernah berpisah dengan Al-Quran, karena Al-Quran adalah satu-satunya solusi untuk menegakkan kebenaran, keadilan, sekaligus memperbaiki akhlaq.

Mengakhiri sambutannya, Arismaya berharap para kafilah dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Mental Setda Kabupaten Jember Bambang Saputro, SH, M.Si, menjelaskan, tim pembina terdiri dari Dewan Pembina MTQ kabupaten dan dari Provinsi.

Dewan pembina ini akan  membina 46 peserta yang akan berangkat pada MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan ini, Bambang mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember diminta untuk menampilkan pawai ta’aruf dan pameran produk-produk unggulan Kabupaten Jember. (Tim*).

No comments