JEMBER UPDATE NEWS

Panitia Pilkades Gumelar, Satu - satunya Dikecamatan Balung Yang Menjadi Percontohan

Foto : istimewa.

JEMBER UPDATE - Dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 tahap ke 2 di kecamatan balung, semakin memperlihatkan kedisplinan dalam administrasi.

Seperti di desa gumelar yang menjadi pencontohan buat desa lain di kecamatan balung sendiri, dimana jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 7.332 pemilih dengan 3 calon kades.

Pemilihan kepala desa (Pilkades) di desa gumelar berlangsung di balai desa gumelar kecamatan balung, Kamis (12/09/2019). yang mana terlihat antusias masyarakat desa gumelar dalam menggunakan hak pilihnya.

Pada kesempatan tersebut, Jatmiko selaku ketua pilkades desa gumelar menyampaikan, bahwa di desa gumelar sendiri tidak pernah menemui kendala dalam setiap tahapan - tahapan pilkades tersebut, karena desa gumelar sendiri menjadi contoh untuk desa sekitarnya.

"saya kira untuk gumelar sendiri, alhamdulillah jadi contoh oleh desa lainnya karena dari segi registrasi maupun suatu kegiatan, kita selalu menyediakan berita acara, sekecil apapun kegiatannya dibuatkan berita acaranya,"ujarnya.

Selain itu, Jatmiko menjelaskan terkait pemenuhan syarat kouta qourum dalam pilkades serentak ini, bahwa pihaknya akan antisipasi agar bisa memenuhi kouta qourum yang sesuai dengan tata tertib, dimana waktu yang diberikan perpanjangan sesuai dengan kebutuhan.

"Apabila tidak memenuhi qourum yang sudah sesuai dengan tata tertib pilkades, maka ditunggu sela waktu 1 jam dan apabila dalam 1 jam masih belum terpenuhi juga, akan ditunggu kembali dalam waktu yang sudah disepakati yaitu selama 3 jam dan jika masih belum terpenuhi, pilkades ini di anggap gagal dengan menunggu jenjang selanjutnya penetapan yang belum ditetapkan," pungkasnya. (Sid/rif).

1 komentar:

  1. Sdh saat nya pilkades diisi oleh tenaga yg muda,profesional,dan punya kinerja yg tinggi apalagi didukung dgn teknologi IT disamping backup administrasi yg lengkap shg bisa meminimalisasi segala bentuk kecurangan dan gugatan dr calon yg kalah. Salut buat Panitia Pilkades yg sdh melaksanakan Pilkades dgn tertib,aman dan Sukses dan layak dicontoh desa2 lain.

    BalasHapus