JEMBER UPDATE NEWS

DUA TAHUN KEPEMIMPINAN EA ZAENAL MARZUKI ; PMI Jember Dinamis, Inovatif & Transparan.


FOTO : Istimewa(*).

JEMBER UPDATE - Pasca di sahkannya Undang - Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah nomor :  7 tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, PMI Kabupaten Jember semakin memantapkan tugas dan fungsi sebagai organisasi yang berdiri atas azas perikemanusiaan dan atas dasar sukarela dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, golongan maupun paham politik sehingga PMI Kabupaten Jember mampu  menjalankan kegiatan kemanusiaan yang bersifat meringankan penderitaan sesama manusia dan makhluk lain sekalipun. Tanggal 4 Oktober 2019 mendatang, kepengurusan dibawah komando EA Zaenal Marzuki, SH, MH, telah genap dua tahun pengabdian terhadap kegiatan kemanusiaan, PMI Kabupaten Jember terus berkomitmen untuk tetap bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember membangun ketangguhan, masyarakat tangguh, pemerintah tangguh dan PMI tangguh menuju Indonesia maju karena kita tangguh.

Inovasi-inovasi  PMI Kabupaten Jember telah berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Jember, selama Dua Tahun program internal maupun bersifat eksternal PMI Kabupaten Jember dapat dirasakan oleh masyarakat  maupun di lingkungan Internal PMI Kabupaten Jember, tentunya keberhasilan tersebut atas dukungan Tiga Pilar PMI, sinergitas  dengan Pemerintah dan utamanya kepercayaan masyarakat terhadap institusi PMI, memasuki tahun kedua, berbagai keputusan strategis diambil untuk menyempurnakan dan menguatkan program yang telah dilaksanakan pada tahun pertama, keberhasilan program PMI Kabupaten Jember pada tahun kedua yang strategis diantaranya :

1. Bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember dalam Tanggap Darurat Bencana (TDB) diantaranya Banjir Kencong yang terjadi pada tanggal 25 Desember 2018, atas Intruksi Ketua PMI Kabupaten Jember, personil PMI langsung bergerak mendirikan posko Dapur Umum, membersihkan dan menguras sumur warga (Wash)  dan dilanjutkan mengirim bantuan berupa material bahan bangunan sebanyak  10.000 Batu Bata, semen 50 Sak dan Pasir 10 truk untuk 6 (enam) unit rumah milik Ibu Waginten, Ibu Mispar, Ibu Nur, ibu Suparmi, Bapak Bibit dan Mbah Kasimun, yang hancur akibat jebolnya tangkis sungai Kencong, selain itu mendirikan Dapur Umum untuk membantu korban banjir desa Wonosari yang terjadi Selasa, 19 Maret 2019.

2. Diresmikannya Gedung UDD PMI Kabupaten Jember yang merupakan satu-satunya gedung UDD PMI yang berhasil di bangun dengan biaya swadaya murni di atas tanah seluas 1100 Meter Persegi milik PMI Kabupaten Jember, Soft Opening gedung dan Operasional Laboratorium UDD PMI Kabupaten Jember di jalan Srikoyo 115 Jember yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Januari 2019 yang dihadiri  Ibu Bupati Jember.

3. Memberangkatkan  Empat Relawan pendonor 100 kali atas nama Nama : Drs. H.M. Eddy Soesilo,  Suhardi, Bambang Hariyono, dan Giri Pramudya, untuk menerima penghargaan Penganugerahan Satya lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI pada tanggal 26 Januari 2019 di Jakarta.

4. Pelatihan dan Sosialisasi  Menejemen Keuangan & PMER untuk Pegawai PMI Kabupaten Jember  yang dilaksanakan pada hari  Rabu tanggal 30/1/2019  bertempat di Aula UDD PMI Kabupaten Jember, sebagai kelanjutan kebijakan penyempurnaan sistem menejemen dan tata kelola keuangan PMI Kabupaten Jember.

5. Pengembangan Unit Usaha sebagai unit teknis yang bertugas khusus menggali sumber-sumber pendapatan baru PMI KabupatenJember, pengembangan sumber daya merupakan langkah strategis membangun kemandirian organisasi dan penguatan kapasitas organisasi dengan menggerakkan Koperasi Karyawan PMI Kabupaten Jember.

6. Aktif melayani permintaan masyarakat atas penyebaran Demam Berdarah melalui kegiatan sosiaisasi PSN dan Fogging, tercatat 8 titik PMI Kabupaten Jember  menggelar sosiaisasi PSN dan Fogging diantaranya : Bank Indonesia, Perumahan Wahana Tata Regency, SMPN Rambipuji, desa Kencong, desa Rambipuji, dan Dusun Jambuan Kelurahan Antirogo.

7. Mendirikan posko siaga pemilu Pilpres tahun 2019, Posko Kesehatan acara Paskah di gereja, dan Posko Mudik Lebaran 2019,

8. Memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya : Media Massa/elektronik, 12 Rumah sakit, IDI Jember dan perusahan (Hotel Dafam, Blink-blink, Toko Buku Toga Mas).

9. Melaksanakan Musyawarah Kerja Kabupaten yang digelar tanggal 27 Maret 2019 dihadiri Wakil Bupati Jember.

10. Untuk kemudahan akses masyarakat yang akan mendonorkan darahnya, PMI Kabupaten Jember membuka layanan Donor Darah di Markas PMI Kabupaten Jember Jln. Jawa nomor 57, dan gerai donor darah di Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember di Jln. Brawijaya nomor 61 A Jubung Sukorambi.

11. Antisipasi menurunnya stock darah, PMI gandeng seluruh pengurus PMI Kecamatan dan Takmir Masjid untuk pelaksanaan donor darah  setelah sholat  teraweh, selama Ramadha terkumpul 5020 Kantong darah.

12. Meningkatkan pelayanan donor darah, pengolahan, pendistribusian darah yang aman dan berkualitas untuk masyarakat yang membutuhkan.

13. Pengangkatan Pegawai Tetap  kepada seluruh tenaga kontrak  yang telah lama mengabdi di Markas sebanyak  2 orang, UDD 4 orang dan di Klinik Pratama PMI Jember 7 orang menjadi pegawai tetap PMI Kabupaten Jember, terhitung sejak pelantikan pada tanggal 29 Maret 2019 di Aula Markas PMI Kabupaten Jember.

14. Memperluas pembinaan terhadap sukarelawan (KSR perguruan tinggi negeri maupun swasta, KSR unit Markas,  Pondok pesantren, sekolah dan perusahaan).

15. Bersinergi dengan Pemerintah daerah Jember dalam kegiatan peringatan hari besar nasional, maupun peringatan hari kepalangmerahan dan kegiatan lainnya.

16. Membangun Kemitraan secara berkesinambungan dengan organisasi lain seperti TNI, POLRI, Perusahaan, BAZNAS, BASARNAS, BPBD, Media Massa dan Lainnya.

17. Renovasi gedung Klinik Pratama PMI Jember sebagai upaya peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat  melalui perubahan fungsi Pos Pelayanan Gawat Darurat ditingkatkan menjadi Klinik Pratama PMI Jember di jalan Brawijaya no 61 A Jubung Sukorambi Jember, kemudian diresmikan oleh Ibu Bupati Jember.

18. Publikasi Kegiatan PMI Kabupaten Jember melalui Media Massa, Media Sosial (Facebook, Twiter, Instagram, Whatshaap) secara Kontinyu sebagai transparansi dan pertanggungjawaban kepada Publik.

Semoga keberhasilan program yang telah dilaksanakan bisa lebih ditingkatkan dan PMI Kabupaten Jember lebih professional, mandiri dan dicintai masyarakat. Kedepannya masih banyak rencana kebijakan strategis  yang akan kami kembangkan, seperti pembangunan Rumah Sakit PMI, Sekolah Tinggi Transfusi Darah dan lain-lain, maka kami selalu terbuka mohon masukan dan koreksi demi majunya PMI Kabupaten Jember yang  kita banggakan.(tix/rif).

No comments