JEMBER UPDATE NEWS

Sebulan Kampung Sakinah di Desa, Tanggul Kulon, ini Dampak Positifnya

Foto : Kampung Binaan Keluarga Sakinah yang berada di RT 02 RW 03 Dusun Krajan Desa Tanggul Kulon. (Puji).

JEMBER UPDATE - Hampir sebulan Program Kampung Binaan Keluarga Sakinah dari Kementerian Agama Kabupaten Jember, melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Tanggul bekerjasama dengan Muspika Tanggul, terbentuk.

Kampung Binaan Keluarga Sakinah yang berada di RT 02 RW 03 Dusun Krajan Desa Tanggul Kulon tersebut, telah memberi dampak positif bagi warga sekitar utamanya yang berada di Kampung Kamaran itu.

Menurut penyuluh Agama dari KUA Kecamatan Tanggul Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Kecamatan Tanggul Yaumil Hikmah mengatakan, dipilihnya Kampung Kamaran ini dikarenakan salah satunya minimnya warga yang memiliki surat nikah resmi dari pemerintah.

"Hasil dari pendampingan 72 KK yang ada, telah memberi dampak positif bagi warga. Misal meningkatnya kepedulian warga mulai dari segi kesehatan serta pengurusan administrasi," jelasnya. Minggu, (11/08/2019) pagi.

Menurut dia, dipilihnya RT 02 RW 03  Dusun Krajan sebagai Kampung Sakinah berawal dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Agama melalui KUA Kecamatan Tanggul beberapa waktu lalu.

"Dan kami menyimpulkan lingkungan tersebut masih tergolong Pra Sakinah dan perlu pendampingan tentang keagamaan," katanya.

Tak hanya itu, kata perempuan yang akrab dengan sapaan Bunda Emil ini mengungkapkan, hasil dari pendampingan di sisi keagamaan juga terlihat keikutsertaan warga saat melaksanakan sholat lima waktu berjamaah di mushollah setempat semakin meningkat.

"Alhamdulillah, di Hari Idul Adha ini salah satu warga setempat juga dari Pemerintah Desa Tanggul Kulon serta sinergitas dengan Yonif 515 Raider melaksanakan pemotongan hewan kurban.  Harapan kami semoga Kampung Kamaran ini kelak akan menjadi kampung sakinah seperti harapan bersama," harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono mengatakan, Pemerintah Desa Tanggul Kulon membuka diri untuk bersinergi dengan semua pihak yang ingin membangun desa yang terkenal dengan religinya itu baik dari segi infrastuktur maupun pemberdayaan.

"Kami menyambut positif, semoga program ini bermanfaat bagi warga. Kami berharap program ini dapat meningkatkan kebersamaan dan kerukunan warga semakin terwujud," jelasnya.

Kades Arifin juga mengatakan adanya program Binaan Keluarga Sakinah ini, menurutnya sangat bermanfaat salah satunya memberi edukasi tentang keimanan, ketaqwaan dan kerukunan.

"Warga semakin peduli dengan lingkungan. Misalnya meningkatkan kebersihan dan keindahan kampung, serta memupuk rasa kebersamaan antar tetangga. Untuk kebutuhan administratif warga, misal surat nikah, Pemdes akan  bersinergi dengan KUA Kecamatan Tanggul untuk berupaya mewujudkan program sidang isbat nikah," pungkasnya.(ji/rif).

Tidak ada komentar