JEMBER UPDATE NEWS

Permudah Akses Masyarakat, RSD Balung Terapkan Pelayanan Ekstra

Teks Foto:Petugas RSd Balung Saat Menjuarai Kinerja Terbaik Tentang Kepedulian Sosial Dan Pelayanan BPJS melalui Aplikasi SIPP.

JEMBER UPDATE - Petugas Rumah Sakit Balung,Jember,Jawa Timur terapkan pelayanan ekstra bagi peserta BPJS kesehatan. Pengurusan yang biasanya Peserta harus berangkat ke kota Jember yang berjarak sekitar 30 km dari RS, sekarang bisa cukup diselesaikan di RSD Balung. Dan pelayanan tersebut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pemakai BPJS.

Pelayanan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2017, dan Empat bulan terakhir hal tersebut di maksimalkan oleh pihak RS, yaitu pelayanan update data peserta, pencetakan kartu bayi baru lahir, kemudahan mengetahui besaran tunggakan atau denda, serta pengaduan masyarakat perihal apapun tentang BPJS melalui aplikasi SIPP(sistim informasi dan Penanganan Pengaduan).

RSD Balung memberi kemudahan peserta dengan bisa mencetak kartu bayi baru lahir tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS, sehingga memudahkan dan dapat terselesaikan dalam kurun waktu kurang dari tiga hari. Manfaatnya semua bayi baru lahir bisa dipastikan dapat dijamin oleh BPJS.

Peserta penunggak iuran dan terkena denda BPJS bisa dibantu penghitungan tunggakan dan dendanya oleh petugas RS melalui aplikasi SIPP tersebut, sehingga peserta langsung bisa membayar di bank terdekat atau pun retail yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJs.

Berbagai inovatif dan gagasan itu sendiri tidak lepas dari peran dua petugas operator SIPP dengan kinerja optimal yaitu Enni Dewi Linggarwati dan Ria Resi Novitasari.

Menurut Enni Dewi Linggarwati selama semester pertama tahun 2019 ini sudah kurang lebih ada 1500 aduan perihal berbagai permasalahan pengaduan BPJs yang sudah dimasukkan ke aplikasi SIPP itu, selain itu juga yang paling menonjol perihal kartu Bayi baru lahir, ucapnya.

Kami mengumpulkan data dan mencocokan data serta memberikan pelayanan ekstra agar masyarakat pengguna BPJS tidak jauh jauh ke kota untuk hal apapun, sedang hal tersebut di butuhkan secepatnya oleh peserta bpjs dan cukup dilakukan di RSD balung, imbuhnya.

Karena upaya tersebut, RSD Balung mampu meraih juara 1 input SIPP se wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Jember, yang meliputi dua Kabupaten yaitu Jember dan Lumajang.(tix/rif)

1 comment:

  1. Anonymous8/14/2019

    Sayang, klu opname atau bisa jg disebut ngamar, obat infus aja suruh nebus dl. Dan seterusnya...
    Setelah pulang mesti infusnya lebih dan gak kepakek. Tolong dong di perbaiki jgn disuruh beli dl dong kalau akhirnya jg lebih. Bagi rakyat kecil itu uang susah carinya lho... Mohon diperbaiki ya....

    ReplyDelete