JEMBER UPDATE NEWS

Kampung Binaan Keluarga Sakinah Ada di Desa Tanggul Kulon, Warga Sambut Gembira

Foto : bersama warga RT02 RW 03 Kerajan Tanggul Kulon. (Foto.Puji).

JEMBER UPDATE - Tanggul Kulon-Program Kampung Binaan Keluarga Sakinah dari Kementerian Agama Kabupaten Jember, melalui KUA Tanggul bekerjasama dengan Muspika Tanggul, terbentuk


Kampung Binaan Keluarga Sakinah tersebut berada di RT 02 RW 03 Dusun Krajan Desa Tanggul Kulon.

Menurut penyuluh Agama dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanggul Ummul Mukminat mengatakan, dipilihnya RT 02 RW 03 Dusun Krajan ini dikarenakan salah satunya minimnya warga yang memiliki surat nikah resmi dari pemerintah.

"Awalnya kita survei ke 72 KK yang ada. Mulai dari kesehatan, taraf ekonomi warga, sisi administrasi dan kami menyimpulkan lingkungan tersebut masih tergolong Pra Sakinah dan perlu pendampingan tentang keagamaan," jelasnya. Jumat, (12/07).


Selain itu, dengan program Kampung Binaan Keluarga Sakinah ini diharapkan mampu memberi dorongan positif kepada warga untuk tertib administrasi. Ia juga mengatakan Kampung Binaan Keluarga Sakinah ini sangat penting untuk mewujudkan masyarakat madani yang bermoral tinggi, penuh keimanan, ketakwaan dan berakhlak.

"Dengan program Kampung Binaan Kelurga Sakinah ini kami akan mendampingi warga dalam pengurusan administrasi buku nikah, serta diharapkan program pemerintah lain di bidang agama terwujud. Seperti magrib mengaji, Shalat Subuh berjamaah di masjid. Tujuan lain yaitu yang awalnya keluarga pra sakinah menjadi keluarga sakinah satu," terangnya.


Sementara itu Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono mengatakan, pihaknya menyambut positif dengan adanya program Kampung Sakinah ini. Kades Arifin juga menuturkan, Pemerintah Desa Tanggul Kulon membuka diri untuk bersinergi dengan semua pihak yang ingin membangun desa yang terkenal dengan religinya itu.

"Kami memyambut positif, semoga program ini bermanfaat bagi warga kami. Kami berharap program ini dapat meningkatkan kebersamaan dan kerukunan warga semakin terwujud," jelasnya.


Senada dengan itu, salah satu warga setempat Erna menyambut gembira dengan adanya program Binaan Keluarga Sakinah ini, menurutnya program tersebut sangat bermanfaat salah satunya memberi edukasi tentang keimanan, ketaqwaan dan kerukunan.

"Kami semakin peduli dengan lingkungan. Misalnya meningkatkan kebersihan dan keindahan kampung, serta memupuk rasa kebersamaan antar tetangga," katanya. (Ji/rif).

Tidak ada komentar