JEMBER UPDATE NEWS

Festival Gunungan Tahu Tempe,Ribuan Warga Berdatangan

Teks Foto:Gunungan Sewu Tahu Dan Tempe Saat Di Arak Keliling Desa Oleh Warga Desa Wonosari Kecamatan Puger Jember.

JEMBER UPDATE - Kegiatan festival Gunungan seribu makanan tempe dan tahu yang di gelar oleh pemerintahan desa Wonosari Kecamatan Puger,Jember di serbu ribuan pendatang dari berbagai daerah guna melihat festival baru pertama kali di gelar tersebut.

Arak arakan tahu dan tempe yang di laksanakan pada pukul 10.00 wib, Sabtu,(6/7) dengan parade dan arak arakan dan tarian khas jaranan mengelilingi beberapa dusun dan finish di desa Wonosari tersebut  membuat decak kagum penonton.

Gelaran festival yang di lepas langsung oleh Bupati Jember Dr Faida MMR tersebut menambah semangat para peserta festival yang baru pertama kali di gelar di desa yang memang pengrajin makanan khas tempe dan tahu tersebut.

Salah satunya bapak Sulaiman,(55) warga dusun penitik Desa Wonosari Puger menuturkan sedikit asal muasal pencetus tahu dan tempe di desa Wonosari

"Yang saya ketahui pada jaman kecil saya kisaran tahun 1960 itu yang membuat tempe itu Mbah Hasbi dan sekarang masih aktif membuat dan kisaran umur saya perkirakan hampir 90 tahunan.sedang Mbah Tui penggagas Tahu sudah meninggal dunia dan sekarang di gantikan anak dan cucunya,ucap Sulaiman.

Dirinya juga menambahkan jika untuk saat ini pengrajin tempe dan tahu di desa Wonosari sudah ratusan pengrajin dan pencetusnya orang dua tersebut.sedang untuk Festival baru kali ini Di gelar di desa Wonosari Kecamatan Puger. (Tix/rif).

Tidak ada komentar