JEMBER UPDATE NEWS

Ada Materi Kebangsaan di MPLS SMA 01 Kencong, TNI Dilibatkan

JEMBER UPDATE - Personil TNI dari Koramil Kencong mengisi materi wawasan kebangsaan (Wasbang) di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA) 01 Negeri Kencong. Selasa (16/07). Kegiatan Wasbang ini, rutin dilakukan setiap tahun untuk memupuk mental kebangsaan pada siswa baru tersebut.


Salah satu anggota Koramil Kencong Serma Mubin Asrori mengatakan saat pemberian materi sosialisasi, ia menyampaikan dengan lugas namun tetap dengan gaya penyampaian yang mudah di pahami oleh pelajar SMA yang notabene merupakan remaja berusia belasan tahun.

"Generasi muda termasuk pelajar saat ini rawan dimasuki doktrin-doktrin yang berpotensi memecah belah bangsa. Untuk itu pemahaman wawasan kebangsaan penting untuk diketahui dengan benar sejak dini," terangnya.


Lebih lanjut, dalam penyampaiannya juga memaparkan keberagaman yang majemuk dibangsa ini. Serta pemahaman ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam berkehidupan bermasyarakat menjadi sangat penting.

"Jadi walau suku adek-adek berbeda namun semboyan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap dikedepankan demi keutuhan Bangsa Indonesia," katanya.


Sementara itu Kewakasiswaan SMA Negeri 01 Kencong Sukiyo mengatakan, peserta yang mengikuti MPLS tahun ini sebanyak 422 siswa yang dimulai tanggal 15 hingga 19 Juli 2019 . Menurutnya wawasan kebangsaan ini juga untuk menyambut peserta didik baru.

"Kami mengikuti petunjuk Dirjen pendidikan dasar dan menengah, bahwa seluruh peserta MPLS ini akan dibekali pengenalan lingkungan sekolah, wawasan kebangsaan, bari berbaris pengenalan tatatertib sekolah juga kegiatan ekskul," katanya.


Selain itu untuk mencapai tujuan visi misi sekolah, SMA 01 Kencong juga bersinergi dengan instansi terkait yang ada di Kencong.

"Kerjasama itu untuk membentuk wawansan kebangsaan kepada siswa. Selamat mengikuti kegiatan MPLS bagi siswa baru, semoga kelak kalian berprestasi," tutupnya. (Ji/rif).

No comments