JEMBER UPDATE NEWS

Festival Musik Patrol Hibur Ratusan Warga Menampu

Foto : peserta Festival Lomba Musik Patrol.

JEMBER UPDATE - Festival lomba musik patrol 'Menampu Patrol Ramadhan tahun 2019' yang digelar di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, cukup menyita perhatian ratusan warga setempat. Aneka musik patrol mengumandangkan sholawat yang disajikan oleh puluhan peserta membuat penonton tak mau beranjak pulang dari pinggir jalan.

Festival lomba musik patrol tersebut digelar oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Koddam (Komunitas Pemuda Desa Menampu). Festival tersebut diikuti oleh 13 peserta yang terdiri dari perwakilan desa di Kecamatan Gumukmas, dari Desa Balung, Desa Kencong dan Desa Purwoasri.

"Festival ini digelar untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Membangunkan orang untuk sahur, adalah langkah kreatif dan ibadah. Makanya kita lestarikan," kata Ketua Panitia lomba H. Aan Rofi'i. Jumat,(31/05).


Selain itu menurutnya, kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin dilakukan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan. Dirinya juga berharap kegiatan festival musik patrol ini dapat menjadi destinasi wisata desa.

"Melihat antusiasme peserta dan masyarakat, kami berencanaa menjadikan kegiatan rutin pemuda di Desa Menampu. Tahun depan juga akan dilaksanakan dengan tema bereda dengan mengundang peserta lebih banyak lagi," katanya.


Selama perlombaan berlangsung, seluruh peserta diwajibkan untuk menampilkan kreasinya disepanjang perjalanan mulai dari start hingga finish yakni dari lapangan desa, depan kantor Desa hingga Jalan Raya Gumukmas sejauh 1.5km. Sepanjang jalan ratusan warga tumplek-blek di pingir jalan.

"Kegiatan ini cukup meriah dan menghibur warga. Pesertanya banyak yang kreatif. Bahkan dari luar Kecamatan Gumukmas juga ikut memeriahkan. Kami juga berharap dari kegiatan lomba ini akan memberi semangat kepada warga untuk senantiasa kompak menjaga keamanan lingkungan masing-masing,” katanya.


Sementara menurut warga yang menonton festival tersebut mengaku sangat terhibur dengan adanya lomba musik patrol tersebut.

"Warga sangat terhibur. Mengingatkan kita umat Islam supaya bagun sahur untuk puasa. Karena puasa itu wajib bagi umat Islam yang beriman," kata salah satu warga Desa Menampu, Hamid.(tix/rif).

No comments