JEMBER UPDATE NEWS

Bukti Sinergitas Tanpa Batas, Kades Tanggul Kulon Dengan Program P3-TGAI

 JEMBER UPDATE - Tanggul Kulon-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah meluncurkan program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) dimana salah satu kegiatannya adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Program ini merupakan lanjutan dari program P4-ISDA yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013, lalu berganti nama menjadi P3-TGAI, walaupun demikian maksud dan pelaksanaannya hampir sama yaitu untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian.

Menurut Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Kecamatan dari Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Tanggul Ifan Dianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung P3A.

"Agar tepat sasarannya, pelaksanaan dan pengawasannya akan melibatkan Pemerintah Desa dan HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air)," katanya. Selasa, (18/06/2019).

Sementara itu Kepala Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul Arifin Wahyuono mengatakan, untuk kemajuan dan kemandirian desa pihaknya akan terus berkomitmen bersinergi dengan semua pihak mulai dari Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Pusat. Kades Arifin menambahkan dirinya mendukung penuh program P3-TGAI karena melibatkan masyarakat secara aktif mulai tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan dan dilakukan secara kolaboratif antar pemangku kepentingan.

"Ini bukti sinergitas tanpa batas, membangun desa dengan melibatkan semua elemen masyarakat hingga pemerintah. Harapannya dengan program ini, hasil dari produk petani di desa dapat maksimal," pungkasnya.(Ji/rif).

Tidak ada komentar