JEMBER UPDATE NEWS

PDAM Jember Pasang Saluran Air Gratis dan Terbanyak Untuk Pecahkan Rekor MURI


JEMBER UPDATE - Target PDAM Jember, dalam memecahkan rekor MURI pada peringatan Hari Air Sedunia akhirnya tercapai. Acara ini dikemas dalam acara Kongres Air Minum pada Selasa (2/4/2019) pagi di GOR Kaliwates Jember.

Rekor MURI yang dicapai oleh PDAM Jember adalah sebagai PDAM pertama di Indonesia yang memasang saluran air PAM secara gratis dan terbanyak jumlahnya.

“Ini memang target kami untuk memecahkan rekor MURI, sebagai PDAM pertama di Indonesia yang melakukan pemasangan secara gratis dan terbanyak, dan Alhamdulillah tercapai,” ujar Direktur Utama PDAM Jember Ir. H. Adi Setiawan SH. MH PIA.

Dalam acara kongres yang digelar di Gedung Olah Raga Pemuda Kaliwates (GOR PKPSO) ini, dihadiri oleh ribuan calon penerima manfaat PDAM yang mendapat subsidi. Dalam kesempatan tersebut, Adi menjelaskan, bahwa PDAM Jember pada tahun 2018 telah melakukan penyambungan baru sebanyak 1000 pelanggan, dan pada tahun 2019 ada 3000 penyambungan baru, sehingga total sambungan baru PDAM Jember mencapai 4000 pelanggan.

“Penyambungan baru ini gratis, karena sudah dianggarkan dari APBD dan APBN, tahun kemarin kita sambungkan 1000 pelanggan dengan anggaran 2 Milyar dari APBD, maka pada tahun ini ada 3000 pelanggan dimana yang 1000 menggunakan APBD dan sisanya menggunakan APBN,” tambah Adi.

Sementara Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR yang juga hadir dalam Kongres menyatakan dilokasi bahwa penyambungan air PDAM secara gratis merupakan komitmen pemerintah Kabupaten Jember, untuk teraksesnya air bersih kepada masyarakat, dan penyambungan gratis ini harus tepat sasaran, karena penerimanya melalui uji publik dan diumumkan di media cetak.

“Penerima manfaat penyambungan gratis PDAM ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah, guru ngaji, kader Posyandu, Takmir Masjid dan anak yatim, serta kami juga memperioritaskan keluarga yang didalamnya ada Hafidz Hafidzah minimal hafal 1 juz, mereka juga harus mendapatkan akses air bersih,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan, bahwa memang belum semua kecamatan di Jember yang mendapatkan akses layanan air bersih, dari 31 kecamatan yang ada di Jember, baru 11 kecamatan yang teraliri PDAM.

“Saat ini baru ada 11 kecamatan yang teraliri air PDAM, namun targer kami, secara bertahap PDAM Jember bisa menjangkau ke seluruh kecamatan yang ada di Jember,” pungkas Bupati. (Sid/rif).

No comments