JEMBER UPDATE NEWS

Hari Ini, RAIL CLINIC Sapa Masyarakat Sekitar Stasiun Sempolan Jember


JEMBER UPDATE - Kereta kesehatan/ Rail Clinic dan Rail Library PT KAI hadir melayani Masyarakat di sekitar Stasiun Sempolan Kabupaten Jember, Senin, (29/04/2019) pagi.

Adapun Kereta sehat tersebut, sudah dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan dan perpustakaan ini hadir dengan tenaga medis yang terdiri dari dokter, asisten dokter, petugas laboratorium, asisten apoteketer serta perawat.

Rangkaian Rail clinic yang hadir di Stasiun Sempolan merupakan generasi ke 4 yang dimiliki oleh PT KAI.


Manajer humas PT KAI Daop 9 jember, Luqman Arif. menyampaikan bahwa ini merupakan kedekatan PT.KAI terhadap masyarakat, dimana selain adanya fasilitas kesehatan.

"rangkaian Rail Clinic generasi ke 4 ini juga dilengkapi dengan Rail Library yaitu kereta dengan fasilitas perpustakaan yang menyediakan berbagai buku bacaan, baik manual ataupun fasiltas e-Library, yaitu perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan data base berbagai bacaan, video edukatif dan lagu anak – anak." Ujar Luqman.

Fasilitas kesehatan pada Rail clinic generasi ke 4 juga lebih lengkap dibanding sebelumnya, antara lain, ruang pemeriksaan gigi, ruang pemeriksaan mata, ruang ibu dan anak, fasilitas laboratotium berbasis komputer yang berfungsi untuk mengukur sample darah sehingga membantu mendiagnosis penyakit seperti kanker dan diabetes.

Selain itu, Luqman menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, program yang rutin digelar tiap tahun ini juga membagikan 50 kacamata gratis kepada anak – anak SD kurang mampu.

"Penyuluhan kesehatan gigi dan juga penyuluhan keselamatan perjalanan kereta api kepada siswa dan masyarakat sekitar Stasiun Sempolan." Jelas Luqman.

Oleh karena itu, Luqman mengatakan bahwa Pada penyelenggaraan Rail Clinic di Stasiun Sempolan, PT KAI mengundang 300 warga sekitar Stasiun Sempolan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dan juga 100 siswa SD untuk mengunjungi dan memanfaatkan fasilitas di Rail Library.

“PT KAI juga memberikan bantuan alat olahraga dan perlengkapan sekolah kepada masyarakat serta sekolah Stasiun Sempolan. Harapan kami, masyarakat semakin peduli dengan keselamatan perjalanan kereta api dan juga bersama – sama menjaga aset PT KAI di wilayah Kecamatan Silo ini,” pungkas (Sid/rif).

Tidak ada komentar