JEMBER UPDATE NEWS

Bupati Faida Salut Terhadap Mahasiswa Yang Mengambil Jurusan Bahasa Arab


JEMBER UPDATE - Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang mengambil sikap untuk mendalami Bahasa Arab. Sebab, menurut bupati, bahasa menjadi pembuka kunci hubungan. Baik hubungan antar-manusia maupun hubungan antar-negara.

"Saya salut kepada mahasiswa yang mengambil sikap memilih jurusan bahasa Arab," kata bupati dalam pembukaan Kemah Bahasa Arab di Kampus IAIN Jember, Jumat (19/04/2019) pagi..

Bahasa Arab, lanjut bupati,  adalah salah satu bahasa terbesar ketiga di dunia. Indonesia sendiri merupakan negara muslim terbesar di dunia.
Karena itu, menurut orang nomor satu di Jember ini, Bahasa Arab termasuk bagian penting dari pembangunan sumberdaya manusia.

Dari pentingnya posisi bahasa tersebut, Bupati mengingatkan mahasiswa agar dapat memanfaatkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki sebagai satu kunci berpartisipasi aktif di tengah masyarakat.

"Jadilah mahasiswa yang peduli, karena kepedulian adalah pembuka silaturahim yang paling ampuh membawa kemaslahatan di dunia dan diakhirat," tuturnya.

Bupati berharap, selain aktif dalam berorganisasi, mahasiswa mempunyai peran, seperti mengajar Bahasa Arab di beberapa negara di Asia.

"Menjadikan peran yang nyata, profesi ini akan sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia," ungkap perempuan pertama yang menjadi Bupati Jember ini.

Kemah Bahasa Arab dihelat oleh Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia (ITHLA) atau Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP ITHLA Indonesia M. Fikri Ghifan mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kesempatan berada di Jember dengan bertukar pikiran dan gagasan. "Mengembangkan kemampuan sosial masing-masing," ujarnya.

Hal senanda pun disampaikan Wakil Rektor II IAIN Jember Dr. Hepni, MM menyampaikan, bahwa Kemah Bahasa Arab untuk mempertajam struktur dan kepekaan intelektual mahasiswa di dalam mengahadapi tantangan kedepannya.

"Peserta Kemah Bahasa Arab dapat memiliki keunggulan atas mahasiswa yang lain dengan memiliki kecepatan belajar, dan memperkuat visi misi kemahasiswaan  dalam memajukan peradaban bangsa." Pungkasnya. (Sid/rif).

Tidak ada komentar