JEMBER UPDATE NEWS

Ratusan Tim Pemantau Pemilu 2019, Terima Pembekalan Dari Bupati Jember


JEMBER UPDATE - Ratusan Tim pemantauan perkembangan politik pada pelaksanaan pemilu 2019 di kabupaten jember menerima pembekalan langsung dari Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR.

Pemberian pembekalan yang dipromotori oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) kabupaten Jember berlangsung di aula Pb.Soedirman Pemkab Jember, Jum'at(29/03/2019) Siang. Dengan dihadiri perwakilan masing - masing kecamatan dab kelurahan/desa Se kabupaten Jember.

Dalam sambutanya, Bupati Faida MMR menyampaikan bahwa Pemkab Jember Bentuk Tim Pemantau Pemilu, Tujuannya adalah tim pemantau pemilu 2019 dari unsur masyarakat karena tim ini berbeda dengan Panwas maupun PPS selaku penyelenggara Pemilu, tapi tim ini dibentuk sesuai dengan arahan dari Mendagri.

“Tim Pemantau ini dibentuk untuk mengawasi perkembangan politik, terutama pada tanggal 17 April nanti, selain itu, peran dari Tim Pemantau Pemilu ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat agar hadir di TPS, dan ini sesuai dari petunjuk Mendagri,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR usai memberikan pembekalan pada Jumat sore.

Selain itu, tujuan dibentuknya tim Pemantau Pemilu ini, menurut Bupati yang terkenal dengan Jargon 3 B ini, tim pemantau dibentuk untuk menghasilkan pemilu yang berdaulat, sehingga tercipta negara yang kuat.

“Tim ini fungsinya berbeda dengan penyelenggara pemilu, tapi dibentuk untuk menghasilkan pemilu yang berdaulat, dan tiap-tiap desa diambil 3 orang berdasarkan usulan desa, kemudian tim ini bertugas melaporkan ke tim pemantau kecamatan yang berjumlah 2 orang, untuk selanjutnya melaporkan ke tim kabupaten dalam hal ini Bakesbangpol,” beber Bupati.

Faida juga meyakinkan, bahwa tim ini tidak berafiliasi kemana-mana, tapi semata-mata untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan pemilu, terlebih, jumlah TPS saat ini dua kali lipat dibanding pemilu 2014.

“Tim ini nanti juga mengajak masyarakat untuk mendatangi TPS, dan saat ini tidak ada alasan terlalu jauh dari TPS, mengingat jumlah TPS pada pemilu kali ini jumlahnya ditambah hampir dua kali lipat, hal ini semata-mata agar masyarakat bisa menyalurkan aspirasi politiknya,” pungkas Bupati. (Sid/rif).

Tidak ada komentar