JEMBER UPDATE NEWS

Pengusaha Muda Asal Kalisat, Rubah Jamur Tiram Biasa Jadi Jamur Kabut


JEMBER UPDATE - Indonesia termasuk negara yang dikenal sebagai gudang jamur termuka di dunia, jamur - jamur yang telah dibudidayakan serta diperdagangkan di pasar.

Jamur tiram adalah jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dibandingkan dengan jamur lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh pengusaha rumahan (home industri) asal kalisat yaitu Asri Eka Finanti (39)dengan mengubah jamur tiram yang biasa menjadi jamur kabut, yang terinspirasi dari tren bakso kabut yang ada dikabupaten Jember.


"Awalnya saya kan petani jamur, kok saya capek ya, namanya jual mentahnya karena setiap pagi harus ke pasar dan membungkusi sendiri, kemudian pada akhirnya saya berfikir, bagaimana kalau jamur ini dijual secara olahan makanan." Ujar Asri Eka Finanti selaku pengusaha muda dan cantik saat di wawancara sejumlah awak media di Omah Jamur yang bertempat di area PT.KAI Kalisat Jember, Minggu(03/03/2019).

Berbekal pengalaman soal jamur, Vinanti panggilan akrabnya, terinspirasi untuk mengembangkan produknya menjadi bahan olahan yang siap saji dan memiliki nilai tambah atau value added. "Saya terinspirasi bakso kabut Jember yang terkenal dan enak, kemudian saya olah jamur ini menjadi siomay, dan saya beri nama jamur kabut. Rasanya seperti kabut dan yang penting ini khas Jember, karena bahan dan pengolahannya semuanya dari Jember," tambahnya.

Dengan ketelatenan dan keuletannya, ia mengaku cukup kewalahan menangani orderan. Dalam 1 hari, setidaknya dibutuhkan bahan baku 5 hingga 10 kg jamur tiram yang ia kembangkan di Kecamatan Silo dengan menggandeng beberapa petani jamur. "Saya pernah coba membuka outlet di Jember kota, tapi apresiasinya tidak terlalu bagus, masih kalah sama online. Makanya saya sekarang buka di rumah sendiri saja," ungkapnya.

Saat ini, produksi sekaligus outletnya ada di Omah Jamur yang terletak di halaman depan Stasiun Kalisat. " Biar merata, biar Kalisat juga dikenal orang, dan jamur produk lokal bisa dinikmati di Kalisat," tambahnya.

Saat ini, produk Omah Jamur sudah bisa didapatkan dalam berbagai olahan, seperti siomay atau jamur kabut, steik jamur dan beberapa makanan beku yang bisa dikonsumsi untuk olahan masakan berat dan camilan.(sid/rif).

Tidak ada komentar