JEMBER UPDATE NEWS

Dalam Perdagangan E-Commerce, Gaya Emak-emak Harus Dipertahankan


JEMBER UPDATE - Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR membuka pelatihan pengenalan e-comerce kepada 40 ibu rumah tangga, di Aula BKD, Selasa (18/03/2019).

Seluruh peserta pelatihan ada ibu rumah tangga di Kabupaten Jember yang memiliki bidang usaha atau UMKM yang merupakan program nasional dari Kemkominfo. Dihadiri pula oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Jember, Ratno Sembodo, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Dedy Nurahmadi dan beberapa pejabat lainnya.

"Saya ingin tegaskan, bahwq anda yang hadir di sini sebagai peserta, berarti telah sanggup dan bersedia untuk memajukan dan menggali potensi Jember, bersama memajukan daerah dan nanti kita akan tawarkan bantuan permodalan untuk usaha ibu-ibu semua," tegasnya.

Selain itu lanjut Bupati Faida, pihaknya juga telah menyiapkan SOTK terkait UMKM ini. "Meskipun nanti sistem berdagangnya menggunakan e-comerce, tapi kalau bisq jangan ditinggalkan style emak-emak, ada personal touch khas emak-emak, yang sebenarnya cukup efektif untuk pemasaran," tambahnya.

Khusus untuk permodalan, Pemkab Jember bakal menjadi penjamin dengan nominal Rp. 2,5 juta hingga Rp. 25 juta.

Sementara Sri Handayani dari BPSDMP Surabaya menegaskan bahwa pelatihan ini juga bertujuan untuk merubah mindset ibu rumah tangga dari konsumtif menjadi produktif. "Mereka yang diundang ini dipilih langsung oleh Bupati Jember karena mereka punya komunitas, sehingga nanti mereka bisa gulirkan hasil pelatihan ini kepada komunitasnya," ujarnya.

Pelatihan e-comerce ini juga bekerjasama dengan google yang nantinya akan memberikan materi pelatihan sekaligus ruang khusus untuk peserta di lamannya. (Tim*).

Tidak ada komentar