JEMBER UPDATE NEWS

Bupati Faida Pastikan, SK Pencabutan Tambang Silo Sudah Keluar


JEMBER UPDATE - Bupati Jember dr.Hj.Faida,MMR pastikan terkait SK penetapan tambang Silo sebagai Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) sebagaimana tercantum dalam lampiran IV Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 1802 K/30/MEM/2018 dicabut oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dimana pencabutan SK tersebut, Bupati Faida mengajukan permohonan pembatalan melalui sidang Non Litigasi Menkum HAM. Setelah hasil putusan sidang Non Litigasi menyimpulkan bahwa SK  tersebut cacat hukum dan memutuskan harus dibatalkan demi hukum. Dengan dasar hasil sidang Non Litigasi itu maka Menteri ESDM membatalkan lampiran IV dan Wiup tambang silo batal demi hukum.

Hal itu disampaikan Bupati Faida saat dikonfirmasi lewat telepon selularnya, Kamis (07/02/2019) siang. Menurut Bupati Faida, Kepmen diterbitkan setelah adanya usulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui surat Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur No 545/981/119.2/2016 tertinggal 29 Februari 2016 Perihal Usulan Penetapan WIUP Mineral Logam.

"Masyarakat Jember, khususnya Silo tidak menghendaki akan adanya aktivitas pertambangan tersebut. Mereka menolak,"tegas Bupati Faida.

Karena satu suara dengan Pemkab Jember, maka Bupati Faida berjuang membawa aspirasi masyarakat Silo itu  melalui persidangan mediasi Nonlitigasi di kantor Kemenkum HAM Jakarta pada 9 Januari 2019 beberapa minggu yang lalu. Tidak hanya melalui persidangan mediasi Nonlitigasi yang telah dilakukan Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jember ini, sebelumnya Bupati Faida juga telah menghadap dan melayangkan surat keberatan kepada Menteri ESDM atas dikeluarkannya SK penetapan Silo sebagai WIUP.

"Bahkan langkah kami ini mendapat dukungan langsung dari Presiden RI, Ir. Joko Widodo,"terangnya.

Bupati Faida memastikan bahwa, SK pencabutan penetapan Silo sebagai WIUP telah ditanda tangani oleh Menteri ESDM. Keputusan Menteri ESDM RI Nomor: 23 K/ 30/ MEM/ 2019 Tentang perubahan atas keputusan Menteri ESDM Nomor 1802 K/ 30/ MEM/ 2018 tentang WIUP dan WIUPK periode tahun 2018. Dan tidak lama lagi Dirjen Mineral dan Logam (Minerba) akan mengirim berkas pencabutan segera dikirim ke Jember.

"Aman. Sudah dicabut dan sudah keluar kok SK-nya,"ungkas Bupati Faida menutup perkataannya.(tim*).


No comments