JEMBER UPDATE NEWS

Tekan Peredaran Rokok Ilegal Di Jember,Disperindag Bersama Bea Cukai Jember Sosialisasi Langsung Ke Masyarakat


JEMBER UPDATE - Dalam menekan peredaran rokok ilegal di jember,Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten jember bersama Kantor Bea Cukai Kabupaten Jember,mensosialisasikan langsung ke masyarakat tentang rokok ilegal tanpa pita cukai.

Seperti diketahui, berdasarkan Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 Tentang Cukai menyebutkan, adapun pelanggaran terhadap cukai antara lain, rokok pita cukai palsu, rokok pita cukai berbeda, rokok pita cukai bekas, serta rokok polos atau rokok tanpa pita cukai,

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disperindag Jember, Anas Ma'ruf,melalui via telefon saat dikonfirmasi terkait hal tersebut,pada hari,Kamis(20/12/2018) sore,mengatakan bahwa pihaknya bersama kantor pengawas bea cukai jember,sudah mensosialisasikan kepada masyarakat."guna untuk diketahui oleh masyarakat,kita bersama kantor bea cukai jember,lakukan sosialisasi tentang rokok ilegal dan dilarang jika membeli rokok yang ilegal,dimana kemudian juga menghindari peredaran rokok tanpa cukai dipasaran."ungkapnya.

Walau demikian,Dia menjelaskan bahwa sudah beberapa kali, dari bea cukai mengadakan kegiatan penindakkan di lapangan serta masih ditemukanya rokok ilegal yang beredar di pasaran kabupaten jember."rata - rata dari luar kabupaten jember, seperti dari daerah madura dan malang yang masuk ke kabupaten jember."jelasnya.

Dan alhamdulillah,lanjut Dia menerangkan jika untuk yang di kabupaten jember sendiri,sudah disosialisasikan langsung terhadap para pengusaha agar menggunakan pita cukai,guna menunjang penerimaan pendapatan negara yang melalui pita cukai tersebut."sedangkan untuk perusahaan yang memproduksi dikabupaten jember sendiri,kurang lebih ada  40 perusahaan tembakau dan rokok yang dari jember berbagai macam bentuknya,seperti rokok cerutu,cigarette keretek tangan."terangnya.

Sementara itu,Bupati Jember dr. Faida MMR, mengatakan, jika rokok yang tak bercukai bisa menyebabkan kerugian bagi pemerintah serta pendapatan pajak terhadap Negara, yang berdampak terhadap jalannya pembangunan di daerah."Pemkab Jember terus mensosialisasikan berbagai ketentuan peraturan perundang-undangan tentang cukai ke masyarakat secara massif. Tak terkecuali juga kepada para pelaku industri rokok di kabupaten setempat. Agar mereka bisa mematuhi dan tahu serta berkotmitmen untuk tak mencurangi ketentuan tentang cukai."tandasnya.(bas/rif).

Tidak ada komentar