JEMBER UPDATE NEWS

PKK Ranting Arjasa & Bhayangkari Ranting Arjasa Sambut Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Dalam Tinjauan Posko Sehat


JEMBER UPDATE - Tim Penggerak PKK Kecamatan Arjasa dan Bhayangkari Ranting Arjasa menyambut Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember terkait peninjauan Posko Sehat serta memastikan kalau anak stunting tidak ada di Kecamatan Arjasa, kamis (6/12/2018).

Menurut Ketua Tim Pokja Empat dari PKK Kabupaten Jember Ibu Fatonah bahwa stunting di Kabupaten Jember ada 10 desa, dan untuk Kecamatan Arjasa tidak masuk dalam data pusat terkait anak stunting, tetapi Ibu-ibu PKK di Jember komitmen untuk mencari data-data tersebut melalui penimbangan setiap bulan, sehingga kalau ada temuan langsung ada pemulihannya. "Sebelum terjadi stunting ada program pencegahannya yaitu yang kita kenal dengan 1000 hari pertama kehidupan, mulai hamil sampai anak berumur 2 tahun, gizinya kita perhatikan," katanya.

Tim Penggerak PKK nantinya akan melihat rumah-rumah sehat yang sudah dianggap sudah memenuhi persyaratan seperti tersedianya air bersih, ada jamban yang sehat, pembuangan air limbah, dan tempat sampah, yang merupakan syarat minimal rumah sehat. "Setiap masyarakat mempunyai rumah sehat yang memenuhi syarat maka kita senang sekali," kata Ibu Fatonah.


Sedangkan menurut Ketua Tim Penggerak Kecamatan Arjasa Elilusiawati Herwan bahwa bagaimana masyarakat itu memulai hidup sehat, mulai sadar dengan keluarga berencana, dan sebagainya. "Alhamdulillah di Kecamatan Arjasa sampai saat ini masih belum ditemukan anak stunting dan semoga seterusnya tidak ada stunting di Kecamatan ini," katanya.

Bhayangkari Cabang Arjasa Faiko Eko Basuki mengatakan kalau Bhayangkari Ranting Arjasa bersinergi dengan Muspika Arjasa, dimana setiap ada kegiatan yang dilakukan ibu-ibu Muspika yang terdiri dari Bhayangkari, PKK, Persid selalu melakukan kebersamaan. "Kita mempunyai tujuan untuk menomer satukan  kepentingan umum dan masyarakat diatas kepentingan kita pribadi," katanya.

Bhayangkari Ranting Arjasa diundang dalam acara program PKK terkait kesehatan, dimana kegiatan ini bisa bersinergi untuk memantau kesehatan, kebersihan dari masing-masing warga yang ada di Arjasa. "PKK menomer satukan kepentingan masyarakat, kepentingan warga, baik dari kesehatan, kebersihan dan guyubnya luar biasa, kita bangga sekali sudah bisa bersinergi dengan dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan Arjasa," kata Istri Kapolsek Arjasa tersebut. (Tim*).

Tidak ada komentar