JEMBER UPDATE NEWS

Bersama Ribuan Tukang Becak Bupati Faida, gelar Kongres Becak


JEMBER UPDATE - Untuk ke sekian kalinya, Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR,menggelar kongres dengan masyarakatnya,kali ini bersama ribuan tukang becak yang ada di kabupaten jember.

Kongres Becak yang kedua kali ini ,berlangsung di Aula Pb.Soedirman Pemkab Jember,Minggu(16/13/2018) pagi.

Dalam hal ini,Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR menyampaikan bahwa ini merupakan kongres tukang becak di kabupaten Jember yang diselenggarakan untuk kedua kalinya,dimana yang pertama diselenggarakan tahun lalu."Memang kita kongreskan tukang becak ini,guna untuk beberapa kepentingan sekaligus mendata seluruh tukang becak serta populasi tukang becak di kawasan - kawasan kota."ujarnya.

Dia menerangkan ,bahwa juga untuk mendata kondisi kesejahteraan serta ekonomi para tukang becak beserta keluarganya,yaitu seperti kepemilikan rumah."disana bisa didata apabila mereka tinggal dirumah tak layak huni tetapi tanahnya miliknya sendiri,bisa langsung di daftarkan dalam program rumah tidak layak huni." Terangnya.

Dia menambahkan jika kongres ini di gelar yaitu sekaligus mendata,dimana ternyata 60 persen tukang becak di kabupaten jember itu adalah mereka dengan usia di atas 55 tahun."mereka bisa dapat akses lansia yaitu mendapatkan beras rastrada 10 Kg setiap bulannya."imbuhnya.

Ternyata lebih dari separuh mereka tidak memiliki buku nikah,lanjut Dia Menjelaskan jika tukang becak tersebut,bisa langsung diikutkan program isbat nikah gratis pemerintah kabupaten jember,"supaya anaknya mempunyai status dan akte yang bisa jelas."jelasnya.

Oleh karenanya,Beliau mengatakan bahwa juga ada fasilitas untuk becak - becak yang sudah kumuh - kumuh,bisa diperbarui serta didandani jadi becak wisata mengikuti perkembangan kota."Karena mereka memutuskan ingin tetap menjadi tukang becak,jadi kita bantu becaknya dengan diberikan lampu serta hiasannya dan skotlet malam hari kemudian juga ada tempat penyimpanan barang - barang tukang becak lalu mereka mendapatkan seragam, sepatu, jas hujan dan topi supaya mereka bisa terlindung dari terik matahari dan hujan."tandasnya.(bas/rif).

Tidak ada komentar