JEMBER UPDATE NEWS

Wabup Muqiet : Kepala Sekolah Harus Kreatif Dan Inovasi Demi Kemajuan


JEMBER UPDATE - Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief memberikan pengarahan kepada ratusan peserta seleksi calon kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember.

Pengarahan berlangsung di Aula PB Soedirman Pemkab Jember,Rabu (28/11/2018). Yang di hadir pula Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Jember Ir. Ruslan Abdul Gani.

Dalam pengarahannya, Wabup Muqiet mengatakan yang mengulas tentang kepala sekolah yang dimulai dari siapa kepala sekolah itu dan apa tugasnya."kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas pokok memimpin dan mengelola pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dalam memajukan negara yaitu kuncinya dalam pendidikan," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memosisikan diri sebagai seorang manajer, juga pengelola potensi-potensi yang ada di sekolah, seperti pengembangan kewirausahaan."Yang namanya kreatif dan inovasi kini semakin maju. Persaingan antar-sekolah swasta dengan sekolah negeri ini tergantung bagaimana kepala sekolahnya mengelola,"jelasnya.

Walau kendatinya,lanjut Dia menuturkan jika posisi kepala sekolah itu,bukan hanya membuat kegiatan belajar mengajar yang harus berjalan sesuai rencana. Tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik untuk terus semakin giat belajar dan meningkatkan prestasi. "Selain tugas pokok, tugas tambahan kepala sekolah jika terjadi kekurangan tenaga pengajar. Saat seperti ini kepala sekolah harus melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan."tuturnya.

Oleh karenanya,wabup menyampaikan jika Kepala sekolah juga harus membuat perencanaan dan pelaksanaan pengembangan keprofesian yang berkelanjutan untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar dan pengembangan sekolah selanjutnya."Tahun depan,Pemkab Jember akan melaksanakan Diklat calon kepala sekolah.setelah lulus akan menjadi bakal calon kepala sekolah yang proses akhirnya resmi menjadi kepala sekolah."tandasnya.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar