JEMBER UPDATE NEWS

PEMKAB JEMBER LUNCURKAN BPNT DAN KKS UNTUK KELUARGA MISKIN DI JEMBER

JEMBER UPDATE - Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Sosial meluncurkan Bantun Pangan Non Tunai (BPNT) dan menyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk keluarga miskin di Kabupaten Jember,yang bertempat di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang.Selasa(13/11/2018).

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank BNI 46.Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.


Asisten Pembangunan DR. H. Edy Budi Susilo, M. Si. mengatakan,bahwa BPNT ini merupakan perubahan dari program sebelumnya yakni Rastra atau beras sejahtera. Perubahan ini kemudian diikuti dengan pemberian KKS serta Keluarga penerima manfaat (KPM) program ini akan menerima dana sebesar Rp 110 ribu.

"Dana yang diberikan melalui bank BNI ini untuk ditukarkan dengan beras dan telur di agen-agen yang telah ditentukan dan Penukaran tersebut menggunakan KKS. Setiap KPM akan mendapatkan 10 kg beras dan 3 butir telur. Namun, mereka juga bisa menukarnya dengan 5 kg beras dan 3 butir telur sesuai kebutuhan."ujarnya.

Terkait beras, lanjut Dia menjelaskan,jika KPM tidak lagi beras kualitas medium sebagaimana saat Rastra. Kali ini mereka akan menerima beras lebih bagus dengan kualitas premium,ada 184 ribu lebih penerima manfaat di Kabupaten Jember yang berhak mendapatkan BPNT dan Jumlah itu pengembangan dari Rastra sebanyak 174.350 ribu.  Jadi ada tambahan sebanyak 6.621 dari data rastra 2015, yang kemudian dialihkan ke BPNT.

"Saat ini bupati menugaskan Dinsos untuk melakukan verifikasi dan validasi data KPM yang dilakukan mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa serta perbaikan dan perubahan data itu nantinya melalui mekanisme musdes dan muskel, kemudian diusulkan kembali ke Kementerian Sosial."jelasnya.

Oleh karenanya,pemkab jember berharap untuk pemberian BPNT kepada keluarga penerima manfaat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Diharapkan tidak lagi ada yang kelaparan atau kekurangan makanan maupun gizi buruk pada penerus bangsa dan Putus kemiskinan dengan bantuan sosial, oleh karenanya semua harus dapat dan tepat sasaran,” tandasnya.(bas/kr/rif).

No comments