JEMBER UPDATE NEWS

Pemkab Humbang Hasundutan Belajar Budidaya Kopi di Jember


JEMBER UPDATE - PemerintahKabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara melakukan studi banding tentang kopi ke Jember. Bahkan, acaranya dikordinatori oleh Wakil Bupati, Saut Parlindungan Simamora.

Kedatangannya disambut dengan hangat oleh Wabup Jember, Drs. KH. A Muqit Arief, sehingga rangkaian acara itu kemudian dilangsungkan di Ruang Lobi, Pemkab Jember, Kamis (08/11/2018) pagi.

"Tujuan dari studi banding tersebut yaitu ingin belajar dalam pengolahan dan budidaya kopi yang menjadi komoditi di daerah Humbang Hasundutan bersama staf Kabupaten Humbang Hasundutan lainnya," kata Saut Parlindungan.

Dia menambahkan, bahwa maksud daripada kedatangannya ke Pemkab Jember adalah untuk mengetahui budidaya tanaman kopi yang selama ini menjadi produk unggulan di daerah ini.

"Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua, dapat juga kami beritahukan, bahwa kami datang dari kabupaten Humbang Hasundutan di Provinsi Sumatera Utara dengan tujuan Kabupaten Jember khususnya mengenai tanaman kopi," imbuhnya.

Selain itu,  sambungnya, bahwa wilayahnya terdiri dari 10 kecamatan dan 153 desa dan 1  kelurahan, yang tanamannya adalah kopi.

"Kami tanam kopi dan kami tahu bahwa memang kopi tersebut sumbernya dari Jember, ini sudah 30 tahun yang lalu.dimana namanya kalau di sana tetap namanya kopi Jember," jelasnya.

Untuk itu, kata Wabup, acara ini benar-benar didiskusikan, karena menurutnya sangat bagus dan mendukung sepenuhnya. Dia berharap agar  daerahnya bisa  menjalin hubungan kerja sama antara Pemkab Humbang Hasundutan dengan  Pemkab Jember.

"Kami juga mensyukuri ilmu yang kami dapat bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam komoditi pertanian kopi nantinya di kabupaten Humbang Hasundutan," pungkasnya.(bas/ke/Rif).

Tidak ada komentar