JEMBER UPDATE NEWS

MENTERI SUSI AJAK NELAYAN TUK JAGA LAUT UNTUK MASA DEPAN BANGSA


JEMBER UPDATE - Menteri Kelautan dan Perikanan Dr.Susi Pudjiastuti mengajak nelayan Puger untuk menjaga laut yang menjadi masa depan Bangsa Indonesia dalam acara Kongres Nelayan di Kabupaten Jember yang diikuti oleh sekitar 4.600 nelayan dari Puger.Pemerintah ingin membantu masyarakat untuk menjaga lautnya, supaya ikan terus tetap ada dan banyak.

"Oleh karenanya, jaga ikan jangan ambil benih ikan, membuat dan memakai alat tangkap yang ramah lingkungan," ungkapnya Menteri Susi Pudjiastuti dalam Kongres Nelayan Kabupaten Jember di alun - alun Puger jember, Sabtu (24/11/2018).

Selain itu,Dia pun mengingatkan agar nelayan menjaga jaga nikmat tuhan dan tidak boleh kufur dengan nikmat-Nya."Perbolehkan makhluk tuhan beranak pinak. Jangan ambil sebelum masa dia melangsungkan generasinya. Ambillah ikan pada saat waktunya," tuturnya.


Selain menjaga laut, kemudahan bagi nelayan yang memiliki kapal dengan ukuran kurang dari 10 GT. Mereka tidak perlu Surat Laik Operasi (SLO) untuk melaut.

Lanjut Ia mengungkapkan, bahwa pertama kalinya sebuah profesi di laut dilindungi oleh negara dengan asuransi nelayan."Dengan asuransi tersebut, nelayan yang meninggal di laut mendapatkan Rp. 200 juta, meninggal di darat dapat Rp. 160 juta, cacat tetap mendapatkan Rp. 100 juta. Jika sakit, ada biaya pengobatan 20 juta."ungkapnya. 

Bukan hanya itu saja,Dia juga mengatakan Tentang breakwater dan berjanji akan membantu mengarahkan dan meneruskan ke menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) atau perhubungan,"jika nanti akan dibangun lagi."tandasnya.

Selain dihadiri Bupati Faida serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Hadir pula unsur Forkopimda Jember serta pejabat terkait lainnya. Dimana dalam acara tersebut,bukan hanya kongres namun juga digelar pameran produk hasil para nelayan.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar