JEMBER UPDATE NEWS

INI YANG DIJELASKAN OLEH WABUP MUQIT,TERKAIT ISLAM NUSANTARA UNTUK NKRI


JEMBER UPDATE  - WAKIL Bupati Jember KH. Abdul Muqit Arief menyebut masih ada beberapa pihak yang salah paham dengan Islam Nusantara, yang saat ini sedang gencar bergulir di tengah masyarakat.

"Padahal, Islam Nusantara itulah yang sangat cocok untuk keindonesiaan kita," ujarnya Wabup KH. Abdul Muqit Arief saat wawancara usai mengisi Rapat Terbuka Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Senin (19/11/2018).

Rapat Terbuka tersebut digelar di Gedung Kuliah Terpadu lantai tiga untuk pengukuhan Profesor Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I. dalam bidang Ilmu Usul Fiqh.

Lanjut Wabup Muqit menjelaskan, untuk memahami Islam Nusantara adalah bagaimana memahami Islam yang selalu bersinergi dan selalu akomodatif dengan nilai-nilai budaya.

"Pemahaman seperti itu,menjadi sesuatu yang sangat penting. Titik akhir pemahaman ini dalam rangka mempertahankan NKRI."jelasnya.

Oleh karenanya,Dia menyampaikan bahwa orasi ilmiahnya dengan judul Fiqih Nusantara menjadi sesuatu yang bisa mengharmoniskan dan menyelaraskan agama, negara, dan adat.

"Dengan menjadi bagian dalam Fiqih Nusantara, kita bisa menjadi seorang Indonesia, seorang muslim, tidak ada pertentangan antara Jawa, Indonesia, dan muslim. Ketiganya bisa diselaraskan dengan Islam Nusantara dan Fiqih Nusantara,"pungkasnya.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar