JEMBER UPDATE NEWS

BUPATI FAIDA DAN MENTERI SUSI PUDJIASTUTI GELAR KONGRES BERSAMA NELAYAN PUGER


JEMBER UPDATE - Dalam pentingnya pengembangan kemaritiman dan potensi kelautan dikabupaten jember,Bupati Jember dr.hj.Faida MMR bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Susi Pudjiastuti lakukan kongres nelayan di alun - alun puger Jember.Sabtu (24/11/2018).

Rangkaian kongres yang digelar merupakan bentuk Pengembangan bukan karena jumlah nelayan yang banyak.dimana ini Upaya yang perlu dilakukan karena memang potensi kemaritiman dan kelautan di Jember yang luar biasa.

Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR mengatakan jika Luas perairan laut di Jember ini adalah 54 kilometer persegi,yang dengan potensi produksi lebih dari 40 ribu ton per tahun.meski baru termanfaatkan sebesar 22,5 persen. "Artinya, masih banyak potensi yang bisa digali, dengan cara-cara yang benar akan menjadi kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat Jember," ujarnya.

Lebih jauh,lanjut Dia menjelaskan jika kondisi nelayan di Kabupaten Jember ini,mayoritas nelayan yang menggunakan jukung untuk menangkap ikan yang Jumlahnya mencapai 1.872 buah."Dari jumlah nelayan itu, jumlah jukung dengan ukuran 5 - 10 GT (gross ton) tidak sampai 300 buah. Sementara jukung dengan ukuran lebih dari 10 GT hanya 153 buah."jelasnya.

Walau kendatinya jumlah nelayan terbesar berada di Kecamatan Puger, yang mencapai 72 persen. Sebesar 12 persen berada di Kecamatan Ambulu, dan sisanya tersebar di beberapa kecamatan.

Oleh karenanya,Bupati berharap,Sebanyak 500 nelayan tersebut yang telah mendapatkan bantuan sertifikasi hak atas tanah nelayan."dengan Jumlah lima desa yang tersebar, yakni Desa Sumberejo, Puger Wetan, Mojomulyo, Mayangan, dan Pajer Paseban. Masing masing 100 sertifikat."pungkasnya.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar