JEMBER UPDATE NEWS

Peringati Hari Kopi Internasional, CCSTP Gelar Ngopi Gratis Bareng Masyarakat


JEMBER UPDATE - Jumlah pengkonsumsi kopi dunia terus meningkat. Bahkan, di Indonesia ngopi menjadi trend baru yang tentu memberikan dampak positif.

Maka, ketika ada hari-hari yang penting atau hari kopi, para pecinta kopi ini wajib merayakan atau memperingatinya.

Selanjutnya, Hari Kopi Internasional diperingati sebagai hari penting pada 1 Oktober 2018. Tepat Minggu (21/10/2018) digelar agenda kegiatan ngopi gratis bagi warga masyarakat dan para pengunjung area pusat penelitian kopi dan kakao di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji Jember.


Kegiatan menarik, karena juga ada nilai yang edukatif terhadap warga masyarakat dan para pecinta kopi. Mereka diajarkan untuk mengetahui apakah karakter masing-masing kopi.

Maneger Cacao Part ir. Agus Budi Santoso, MM mengatakan, kegiatan yang digelar oleh pusat penelitian kopi dan kakao indonesia kali ini digelar di area teknopart kopi kakao, ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan peringatan hari kopi internasional.

"Sebenarnya jatuh pada 1 oktober 2018 namun karena kesibukan-kesibukan yang ada dipusat penelitian kopi kakao acara ini baru digelar pada hari ini," ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya tidak sekadar menyediakan minuman kopi gratis. Karena sesuai dengan temanya yang sebelumnya telah dipublikasikan melalui spanduk yang tersebar di seluruh jalan dan areal kantor.

"Itu juga kami menampilkan beberapa bentuk - bentuk kreasi tenon dari calon - calon yang mana dibina oleh pengusaha pemula yakni ACCTP atau COFFIANTIONS desaign teknopart dengan produk - produk yang berbasis kopi dan kakao," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya bermaksud untuk bisa membuat edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat dan khalayak ramai yang berkesempatan untuk datang ke pusat penelitian kopi dan kakao indonesia kali ini dalam bentuk brewing corner (pojok seduh).

"Disana ditampilkan bagaimana cara kita menyeduh untuk mengenal karakter mutu kopi masing - masing baik jenis atau lokasi kararkternya pasti berbeda - beda jadi alat penyenduhnya bisa kami tunjukkan beberapa macam yakni drive serta ada pula V60 dengan kertas saring itu bisa juga disajikan diseperti tempat kita seperti dirumah tangga.Kopi tubruk sebenarnya itu bentuk - bentuk dari brewing kopi juga, " terangnya.

Kemudian dia berharap, semoga event ini apabila memang nantinya berdampak positif terhadap masyarakat umum, yang khususnya para pencinta serta penikmat kopi dan seluruh steakholder kopi yang ada di Kabupaten Jember.

"Eventnya lebih menjadi beragam lagi kami kedepannya bisa mengumpulkan tidak hanya tenon tetapi komunitas - komunitas pencinta kopi atau mungkin juga pengusaha caffe bisa berkumpul disini berdiskusi bagaimana mengembangkan kopi kedepannya," pungkasnya.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar