JEMBER UPDATE NEWS

Menuju Jember Smart City, Bupati Faida Libatkan Komitmen Seluruh OPD


JEMBER UPDATE - Upaya pembangunan terus ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Jember untuk mewujudkan masyarakat yang nyaman dan aman.

Termasuk upaya menjadikan Jember sebagai kabupaten/kota Cerdas (Smart City), yang dilakukan hingga akhirnya sudah memasuki tahap pelaksanaan yang terakhir, Bimbingan Teknis Tahap ke-IV.


Menurut Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, saat ini kabupaten Jember masuk dalam daftar 100 Smart City Indonesia. Bimbingan Teknis Smart City yang ke- IV sendiri merupakan pendampingan dari Kemenkominfo yang terkahir untuk kabupaten Jember.

"Hari ini merupakan targetnya, karena sebelumnya sudah dilalui hingga selesai 3 (tiga) tahapan. Kalau sudah dipilih, ya dikerucutkan menjadi enam inovasi terpilih yang di utamakan untuk Kabupaten Jember," jelasnya.

Sosialisasi dan bimbingan teknis tahap IV, menuju 100 Smart City Kabupaten Jember digelar selama 2 hari, mulai tanggal 15 - 16 Oktober 2018 di Pendopo Wibawa Graha, Senin (15/10).

"Hari ini adalah masterplannya, untuk diperdalam lagi untuk kemudian di implementasikan," ujarnya.

Selain itu, Bupati juga menerangkan jika ada 6 poin pilihan yang terpilih, satu untuk smart living yang tentang data ibu dan anak, termasuk keselamatan ibu hamil serta untuk menekan angka kematian ibu di kabupaten jember.

"Dimana ini sudah ter anggarkan dari APBD 2018, sehingga dengan adanya aplikasi program pertama dari enam yang terpilih ini lebih dulu serta lebih awal bisa di implementasikan," terangnya.

Dia menambahkan, untuk aplikasi siji wae, merupakan sistem aplikasi pendaftaran secara online sehingga masyarakat bisa lebih cepat  karena masyarakat yang mengingkan seperti komunikasi tatap muka.

"Jadi ini adalah IT perijinan yang juga aplikasi untuk tanya jawab, meskipun ada jawaban yang secara IT otomatis tetapi ada juga yang dikelola oleh jawaban personal yang kendalikan," imbuhnya.

Setelah selesai melakukan sosialisasi terkait Bimtek Smart City, Bupati Faida dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Jember melakukan MoU atau nota kesepahaman untuk menuju Jember smart city.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar