JEMBER UPDATE NEWS

Lagi, Polres Jember Ringkus Spesialis Curanmor Rumah Kosong


JEMBER UPDATE - Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H melalui jajarannya di Mapolsek Arjasa berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan di rumah kosong Dusun Krajan Barat, Desa Candijati, Kecamatan Arjasa (15/10/2018) Senin.

"Hari ini  kami berhasil mengungkap kasus curanmor di Kecamatan Arjasa. Berdasarkan hasil penyelidikan TKP, kurang dari 1x24 jam kami ungkap kasus pencurian ini," ungkapnya saat press release di halaman Mapolres Jember, Rabu (17/10/2018) siang.


Dia menjelaskan bahwa, saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Korban serta keluarganya sedang tidak ada yang didalam rumah. Sementara 1 (satu) sepeda motor merk Yamaha type Vega tahun 2004 dengan Nopol P 3341 UY ada didalam rumah.

"Tiga tersangka berhasil ditangkap MA (20) asal Dusun Kerajan Timur Desa Candijati, Kecamatan Arjasa dan SA (18) asal Dusun Tenap Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk. Juga satu pelaku lainnya dalam pengejaran yang berinisial J (26), dari Dusun Sumbercandik, Desa Panduman, Kecamatan jelbuk," imbuhnya di hadapan para awak media.

Kapolres Jember menambahkan, bahwa salah satu dari pelaku yang memberikan informasi terhadap tersangka lainnya merupakan sepupunya pemilik rumah, yang sekaligus korban dalam pencurian tersebut.

"Tersangka yang satunya menyampaikan kepada temannya yang kebetulan merupakan kompolotan curanmor, tugas tersangka ini bertugas sebagai mata - mata di lokasi aman atau tidaknya TKP," terangnya.

Sedangkan dua tersangka lainnya, lanjut Kusworo, bertindak sebagai eksekutor dalam menjalankan aksinya mengambil kendaraan motor yang berada di dalam rumah yang sedang kosong.

"Dari hasil penyelidikan dan informasi saksi - saksi serta  korban, pihaknya langsung datang ke TKP dengan mengadakan olah TKP yang terdapat beberapa informasi yang bisa ditindak lanjuti oleh pihaknya, sehingga langsung melakukan penangkapan yang diduga dan alhamdulillah bisa tangkap 2 pelaku dari 3 pelaku serta barang bukti yang di amankan dari lingkungan pelaku," imbuhnya.


Setelah melakukan konferensi pers pihaknya langsung melakukan pengambilan satu unit sepeda motor milik korban.
"Kami sampaikan bahwa pengembalian ini langsung di cek kepada yang bersangkutan tidak ada kerusakan sedikitpun dan tidak dipungut biaya," tuturnya.

Kemudian, apabila suatu saat akan dihadapkan pada kejaksaan, Kapolres Jember berharap agar kooperatif. "Kami sampaikan bahwa itu untuk kepentingan pengadilan untuk sebagai alat bukti bahwa barang bukti tersebut adalah subjek/objek daripada pelaku pencurian kendaraan bermotor," jelasnya

Atas perbuatan itu, pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) huruf 4 dan Se KUHP yang melakukan pencurian bersama - sama oleh 2 pelaku atau lebih didalam rumah yang tertutup serta mencapai barang yang diambil dengan cara merusak.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar