JEMBER UPDATE NEWS

HARI KESAKTIAN PANCASILA, BUPATI FAIDA: Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa


JEMBER UPDATE - Memaknai Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR mengajak warga masyarakat untuk  menjaga semangat pancasila sebagai landasan untuk bekerja serta berprestasi bersama di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

"Hari kesaktian pancasila ini sudah jelas temanya bahwa pancasila sebagai landasan untuk bekerja dan berprestasi bersama," ujarnya kepada wartawan usai menggelar upacara di Alun - alun, Senin pagi (01/10/2018).


Oleh karenanya, lanjut Faida, dalam konteks ini pancasila harus menjadi semangat demokrasi sebagaimana penjelasan butir-butir pancasila. Termasuk semangat kebersamaan dan gotong royong.

"Kita semua bekerja bersama-sama tidak sendiri-sendiri, guna menjaga persatuan dan kesatuan untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok maupun indivindu," imbuhnya.

Faida menjelaskan, bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang terbentuk dari keberagaman suku, agama, RAS dan kelompok golongan. "Dahulu kita bisa bersatu dengan segenap tekad persatuan, akhirnya bisa merdeka," jelasnya.

Dia menambahkan, kemerdekaan adalah buah dari perjuangan para pendiri bangsa. Tinggal bagaimana semangat perjuangan pendahulu bisa dilanjutkan oleh generasi penerus. "Tidak bisa dipungkiri justru dengan kemajemukan masyarakat di negeri kita menjadi satu kekuatan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh bangsa lain," tegasnya.

Khusus di hari kesaktian pancasila kali ini, bupati Faida menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar selalu bersama-sama menjaga keutuhan NKRI. Tidak mudah terpecah belah oleh maraknya isu-isu yang bermasud untuk menghancurkan bangsa.

"Untuk segenap warga masyarakat, tetap jaga persatuan dan semangat pancasila ini sebagai landasan kita untuk bersama-sama mempertahankan NKRI. Sehingga tidak mudah dipecah belah dan tidak mudah diganggu baik dari dalam maupun luar," pungkasnya.(bas/Kr/Rif).

Tidak ada komentar