JEMBER UPDATE NEWS

DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JEMBER RAIH PENGHARGAAN BERKAT PUSLITKOKA JEMBER SEBAGAI DESTINASI WISATA BUATANNYA


JEMBER UPDATE - Dalam kegiatan Anugerah Wisata Jawa Timur Tahun 2018,Dinas Pariwisata dan Kebuadayaan kabupaten jember mendapatkan perhargaan dengan katagori  daya tarik wisata buatan yaiitu destinasi Wisata Edukasi Pusat Penelitian Kopi Kakao Park Kab. Jember di Mercure Grand Mirana Hotel surabaya,Selasa(23/10/2018)kemarin lusa.

Kegiatan tersebut merupakan Ajang potensi wisata Jawa Timur dari masing- masing destinasi yang ada di Kota/ Kabupaten se Jawa Timur.dimana beberapa Kriteria penilaian yaitu Daya Tarik Wisata Alam, Daya Tarik  Wisata Budaya, Daya Tarik Wisata Buatan.


Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten jember Dedi Winarno, S.Pd saat dijumpai dikantornya pada hari,Kamis(25/10/2018)siang,mengatakan maka Jadi yang masuk menjadi salah satu katagori dinominatorkan tersebut merupakan kebijakan dari pihak panitia.

"Panitia itu sudah ngasih rambu - rambu disana, bahwa yang dijadikan nominator itu harus memenuhi kriteria yang telah ada aturannya."ujarnya.

Pada tahun 2018 ini Kabupaten Jember hanya mengikut sertakan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) sebagai peserta dalam kriteria Daya Tarik Wisata Buatan

Salah satu contoh,lanjut Dedi menjelaskan bahwa pada aturan tersebut, tempat destinasi wisata buatan itu ialah dalam perharinya harus ada pengunjung terus posisinya letaknya sangat strategis lalu memenuhi standart apayang dimaksud dengan destiasi wisata edukasi.

"Salah satu contoh disini ialah puslit yang merupakan satu - satunya destinasi wisata buatan yang ada dikabupaten jember sekaligus satu - satunya yang ada di asia tenggara".jelasnya.

Berikut ini adalah hasil dari Anugerah Wisata Jawa Timur Tahun  2018;
Kategori. Daya Tarik Wisata Alam:
1. Air TerjunTumpak Sewu Kab. Lumajang
2. Gunung Kelud Kab. Kediri
3. Wisata Alam Watu Rumpuk Kab. Madiun.
Daya Tarik  Wisata Budaya:
1. Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi Kab.Tuban
2. Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong Kab.Sumenep
3. Desa Wisata Bumi Aji Kota. Batu.
Daya Tarik Wisata Buatan:
1. Kampung Coklat Kab. Blitar
2. Atlantis Land Kota Surabaya
3. Wisata Edukasi Pusat Penelitian Kopi Kakao Park Kab. Jember.(bas/kr/rif).

Tidak ada komentar