JEMBER UPDATE NEWS

BUPATI FAIDA UTUS PULUHAN RELAWAN KESEHATAN KE PALU DAN DONGGALA


JEMBER UPDATE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melepas tim relawan kesehatan untuk menuju lokasi gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Tim dokter yang diberangkatkan berasal dari Rumah Sakit dr. Soebandi Jember.

Pelaksanaan prosesi pemberangkatan dan pelepasan  tim medis itu dilakukan langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR di pendopo Wahya Wibawa Graha, Selasa (02/10/2018).

Bupati  Faida menjelaskan, bahwa tim relawan Kesehatan untuk bencana Palu dan Donggala tersebut merupakan tim pertama dari Kabupaten Jember. "Tim dokter dan tim medis dipimpin langsung oleh Direktur Rumah Sakit Soebandi, dr. Hendro Soelistijonk MM," ujarnya kepada awak media

Dia menambahkan, saat menemui tim medis yang akan diberangkatkan, sebenarnya relawan-relawan kemanusiaan itu terdiri dari beberapa rumah sakit yang ada di Kabupaten Jember. Namun kebanyakan didominasi dari RSD dr. Soebandi.

"Tim ini juga telah disiapkan untuk triase emergency dan untuk tindakan bedah dilokasi bencana tersebut nantinya." Jelasnya.

Menurutnya, tim medis dari Kabupaten Jember yang diberangkatkan ini telah disiapkan untuk seminggu kedepan, berbeda dengan relawan untuk kloter selanjutnya. Khusus untuk kloter pertama, setidaknya kurang lebih 90 orang.

"Tim yang diberangkatkan menuju Makassar ini, telah disiapkan di rumah sakit setempat. Satu kamar operasi untuk membantu pertolongan bedah baik itu berupa operasi kecil maupun untuk tindakan operasi berat bagi korban yang sudah dievakuasi ke Makassar," pungkasnya.(Bas/Kr/Rif).

Tidak ada komentar