JEMBER UPDATE NEWS

TERLIBAT LANGSUNG GIAT BAKSOS, RIBUAN ADMINDUK TERLAYANI


JEMBER UPDATE - Ribuan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil (admindukcapil) berhasil terlayani dengan baik oleh Dispendukcapil Pemkab Jember dalam kegiatan bakti sosial (baksos) kerjasama Pemkab Jember, TNI dan FKG Unair Surabaya.

"Kami terlibat langsung selama dua hari dalam kegiatan baksos TNI dan FKG Unair," kata Kepala Dispendukcapil Pemkab Jember, Sri Wahyuniati saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Senin (30/7/2018) siang.

Menurut Yuni sapaan akrabnya, pada hari pertama Sabtu 28 juli 2018 ada dua kali kegiatan baksos sekaligus, yaitu baksos TNI 2018 yang bertempat di RS Bina Sehat dalam pelayanan KB MOW dan MOP serentak di Kabupaten Jember dan kegiatan baksos oleh FKG Unair yang bertempat di SDN 4 Desa/Kecamatan Sumberjambe, bersinergi Dinkes Pemkab Jember dalam pelayanan kesehatan.

Sedangkan pada hari kedua, Minggu 29 Juli 2018 melanjutkan kegiatan yang sama dilakukan oleh FKG Unair Surabaya dalam pelayanan kesehatan bertempat di SMPN 2 Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe. Maka dengan dilakukan kegiatan baksos selama dua hari dengan tiga tempat yang berbeda secara berturut – turut dirinya terlibat langsung dengan membuka tempat pelayanan admindukcapil dengan cara cetak langsung.

"Gencarnya pelayanan pengurusan admindukcapil tersebut sebagai upaya percepatan penuntasan kepemilikan dokumen kependudukan warga jember," terangnya.

Lebih lanjut Yuni mengatakan, dari tiga tempat pelayanan adminduk yang dilakukan selama dua hari tersebut berhasil melayani sebanyak 1.464 dokumen kependudukan.

Dengan rincian pelayanan adminduk yang bertempat di RS Bina Sehat dalam rangka kegiatan baksos TNI 2018 MOW dan MOP berhasil melayani sebanyak 610 dokumen kependudukan yaitu 153 revisi KK, 134 revisi Ktp el, 151 KIA, 73 akta kelahiran, 47 perekaman Ktp el dan 52 cetak surat keterangan (suket) pengganti Ktp el sementara.

Sedangkan di SDN 4 Desa Sumberjambe sebanyak 337 adminduk terlayani, yaitu berupa 106 KK, 87 revisi Ktp el, 31 akta kelahiran, 20 perekaman Ktp el, dan 20 cetak surat keterangan (suket) pengganti Ktp el sementara serta 73 KIA. Dan yang terakhir bertempat di SMPN 2 Desa Sumberpakem sebanyak 517 adminduk terlayani, yaitu 120 KK, 92 Ktp el, 142 akta kelahiran, 79 KIA, 42 perekaman, dan 42 surat keterangan (suket) pengganti Ktp el sementara.

“Jadi total adminduk yang terlayani sebanyak 1.464. Semuanya dokumen kependudukan dilakukan pencetakan langsung tanpa ada pungutan sepeserpu dan gratis,” tegasnya.(tim*).

Tidak ada komentar