JEMBER UPDATE NEWS

SEBANYAK 75 PASKIBRAKA JEMBER MULAI MENJALANI LATIHAN


JEMBER UPDATE - Sebanyak 75 pelajar SMA terpilih menjadi pasukan pengibar bendera (Paskibraka) pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan 2018. Sabtu (28/7/18) pagi mereka menjalani latihan perdana di Alun-alun Jember.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Jember Dedy M Nurahmadi berharap latihan yang diikuti pelajar pilihan ini mendukung prestasi maupun pekerjaan mereka di masa depan.


“Tidak menutup kemungkinan akan kita ikutkan ke latihan-latihan di tingkat yang lebih tinggi dalam rangka memasuki keinginan mereka untuk ke jenjang pekerjaan mereka di ketentaraan dan kepolisian,” ujar Dedy usai pembukaan latihan perdana.

Dedy menjelaskan, para pelajar itu berasal dari sekolah tingkat atas. Mereka sebelumnya mengikuti seleksi yang meliputi mental, kecerdasan, maupun kesehatan. 


Dari 75 pelajar yang menjadi anggota Paskibraka, lanjut Dedy, ada dua pelajar yang akan bertugas dalam upacara peringatan hari Kemerdekaan di Provinsi Jawa Timur.

Sementara sebanyak 73 anggota Paskibraka lainnya dibutuhkan untuk bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan RI di Alun-alun Jember.

Latihan yang diikuti para pelajar akan berlangsung selama 20 hari kedepan. Pada tanggal 15 Agustus 2018 mereka akan mengjalani pengukuhan sebagai Paskibraka Kabupaten Jember.

Selama 20 hari itu mereka akan menerima materi kepaskibrakaan dan kebangsaan. Mereka juga akan mendapat pelatihan tentang kedisiplinan

Latihan juga untuk menyiapkan fisik mereka menjadi lebih tangguh. Tidak hanya itu, latihan juga meliputi pembentukan mental pasukan.

Ada dua instruktur dari Kodim 0824 Jember yang melatih mereka. Selain itu ada enam pendamping yang menemani selama latihan.

Untuk mengikuti latihan dan bertugas saat upacara, para pelajar  tersebut mendapatkan perlengkapan. Diantaranya sepatu, tas , seragam latihan (training), topi. “Dan sedikit uang saku,” ujar Dedy seraya tersenyum.(tim*)

Tidak ada komentar