JEMBER UPDATE NEWS

RAMBIPUJI DAN JOMBANG,MASUK DAFTAR 100 DESA TERBAIK DI INDONESIA


JEMBER UPDATE - Dua desa di Kabupaten Jember masuk daftar 100 desa terbaik menurut provinsi dan kabupaten di Indonesia 2018 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Dari dua desa tersebut, salah satunya ialah Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji, kabupaten setempat.

Bupati Jember, dr Faida,MMR mengatakan, di kabupaten jember itu ada dua desa yang masuk daftar 100 desa terbaik menurut provinsi dan kabupaten di Indonesia 2018 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yaitu Desa Rambipuji dan Desa Jombang. Kedua desa ini menjadi contoh untuk desa - desa yang lain di kabupaten jember.

''Tentu kami sebagai Bupati Jember mengapresiasi pada dua desa tersebut yang telah berhasil masuk daftar 100 desa di Indonesia, "tuturnya, Senin (16/07/2018) siang.

Sementara Kepala Desa Rambipuji, Dwi Diyah Setyorini, mendapatkan informasi kalau desa rambipuji masuk daftar salah satu daftar 100 desa terbaik di Indonesia itu dari Pak Camat Rambipuji.

"Kami sebagai kepala desa rambipuji bangga setelah mendapat informasi tersebut. Yang jelas prestasi ini bisa diraih berkat kerjasama yang baik antara pemerintah desa rambipuji dan di dukung oleh masyarakat rambipuji," ujarnya

Selain masyarakat, menurut Ririn sapaan akrabnya Kepala Desa Rambipuji ini, Pemkab Jember juga mempunyai peran penting dalam keberhasilan desa rambipuji masuk salah satu daftar 100 desa terbaik di Indonesia. Dia menjelaskan, kebetulan sumber daya masyarakat (sdm) rambipuji ini sendiri sudah bagus, fasilitas kesehatan sudah baik, begitu pula pemerintahannya dan lain - lain sebagainya.

"Jadi dukungan masyarakat kaitannya dengan pemerintahan itu sudah baik.Kemungkinan itu yang menjadi salah satu penilaian tersendiri dari pemerintah pusat untuk menjadikan desa rambipuji masuk daftar 100 desa terbaik di Indonesia,"terangnya.

Dia menambahkan, sebelumnya memang pemerintah desa rambipuji telah mengirim nilai Indek Desa Mandiri (IDM) 0.7845 tahun 2014 yang berstatus desa maju, dan pada tahun 2018 nilai IDM 0.8524 berstatus desa mandiri ke kementerian desa pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi pada bulan april 2018.  Menurut Ririn, entah penilaiannya itu seperti apa tiba - tiba desa rambipuji masuk daftar 100 desa terbaik di Indonesia.

Untuk itu kami berharap kepada pemerintah daerah serta pusat untuk mendukung sarana prasarana dan juga program - program yang baik untuk menunjang desa rambipuji menjadi lebih mandiri lagi,"pungkasnya.(Bas/rif).

Tidak ada komentar