JEMBER UPDATE NEWS

INOVASI BARU DIPANEN RAYA


JEMBER UPDATE - Kabupaten Jember Memang Merupakan Daerah Yang Agraris,Dimana Mempunyai Luas Lahan 86.000 Hektar Yang Membutuhkan Sentuhan - sentuhan Tangan Berinovasi,Sabtu,(21/07/2018).

Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR Sangat konsisten Terhadap Itu,Serta Mendorong Kepada Segenap komponen - komponen Di bidang pertanian untuk terus meningkatkan inovasi,agar produksi semakin bagus,berkualitas dan meningkatkan derajat dari pada pertanian kita.

Hari ini salah satu sebagai sinergi Bupati Jember Dengan Pupuk Kaltim.dimana direktur pupuk kaltim langsung datang ke jember.

Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember Edy Budi Susilo.Msi menyampaikan Apa yang disampaikan Dirut.Pupuk Kaltim bahwa sekarang terjadi peningkatan kalau kita menggunakan produk - produk inovasi baru ini,bisa mencapai hampir 10 ton.

"Jadi nanti kita lihat hasil ubinan hari ini,kita sama - sama saksikan.berapa realisasi dari ketika menggunakan bibit yang bagus dan pupuk yang tepat serta pengolahan tanah yang tepat".ujarnya Gatoet.

Lanjut Edy mengatakan,bahwa Oleh karena itu,Tentu saja kedepan Bupati selalu memberikan target terhadap dinas tanaman pangan kabupaten jember untuk terus bekerja keras.

"kita ingin menargetkan bagaimana jember daerah yang agraris memberikan kontribusi sektor pertaniannya terus meningkat secara PDRB".imbuhnya

Hari ini PDRB kita disumbang dari sektor pertanian sekitar 30%.kita ingin teruskan itu untuk tingkatkan inovasi,Supaya ketika itu meningkat naik 1 % saja.berarti pertumbuhan ekonomi akan ikut naik serta kesejahteraan petani ikut naik,karena itu lah target yang ingin dicapai.

Lalu Edy mengungkapkan Terima kasih terhadap pupuk kaltim,yang sudah merealisasikan hasil inovasi temuannya dalam bentuk demplot.

"Tadi kita sama - sama saksikan,tadi kita urip bersama upen bersama dan memang kita buktinya hasil meningkat".ungkapnya.

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Sementara itu Direktur Pupuk komersil PT.KALTIM Gatoet Gembiro Noegroho menjelaskan bahwa kita mengadakan Demplot yang mana percontohan bagaimana penggunaan pupuk yang seimbang dan cara penggunaan pupuk yang benar.

"Jika sebelum adanya demplot sekitar 6,5 - 7 ton tetapi sesudah adanya demplot dengan cara pempupukan yang benar dengan komposisi yang pas,bisa menghasilkan 9,6 ton.dengan selisih 30% dengan nilai uang 9 juta".jelasnya dirut gatoet.

Lanjut gatoet menyampaikan,bahwa ada tambahan pendapatan untuk petani dengan pemupukkan yang benar.

"Itu perhektarnya ada tambahan pendapatan sekitar 9 juta perpanen".ujarnya gatot.

Lalu Gatot menerangkan bahwa ini tidak lepas dari kerjasama yang bagus,baik dari Pemkab Jember dan juga KTNA( Kelompok Tani Nelayan Andalan ) yang sudah semangat karna tidak ada semangat dan kemauan keras,cara pemupukkan yang baik itu pun tidak berhasil

"Jadi Ini adalah sebuah kerjasama semua pihak,jadi contoh yang ada ini menghasilkan hal yang baik".terangnya gatoet.

Untuk itu,Tentunya kita akan terus mendorong para petani Kita ini,untuk selalu mandiri,Jika Para Petani Di Jember ini mandiri,negara ini akan berdaulat ditangan sesuai tujuan akhir Pemerintahan Presiden Joko Widodo.(bas/rif).

Tidak ada komentar